-->

Iklan

Iklan

Selain Air Terjun, Di Muara Kilis Juga Ditemukan Gua Harimau Dan Kolam Pemandian Gajah

NEWSPORTAL.ID
Rabu, 01 Maret 2017, Maret 01, 2017 WIB Last Updated 2018-01-03T16:44:16Z
PORTALTEBO.com - Selain Air Terjun Gajah Mati, ternyata di desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir juga ditemukan dua buah Goa dan dua kolam.  Hal ini diungkapkan oleh Sopwatar Rahman, Kades Muara Kilis.

Dikatakan Kades, lokasi goa dan kolam tersebut tidak jauh dari lokasi air terjun Gajah Mati. Dua goa yang ditemukan yakni, goa Harimau dan goa Kelelawar. Dua goa ini berdiameter sekitar 2,5 meter, "Jaraknya sekitar 800 meter dari lokasi air terjun, "ungkap Kades.

Tidak hanya goa, lanjut Kades, dilokasi tersebut juga ditemukan lima buah kolam diameter sekitar 20 metode. Konon ceritanya kolam ini adalah tempat pemandian gajah. "Satu kolam terletak di bawah air terjun dan satunya lagi diatas air terjun. Selainnya kolam ukuran Kecil-kecil dengan posisi bertingkat," kata Kades lagi.

Menurut Kades, untuk sampai kelokasi tersebut sebaiknya memakai kendaraan roda dua. "Sekitar 7 KM menjelang sampai kelokasi itu kita harus pakai kendaraan roda dua," sebut kades.

"Lokasi ini baru ditemukan akhir tahun lalu, makanya baru di Musrenbang kemarin untuk kali pertamanya kita usulkan kepada Pemkab Tebo agar potensi wisata alam tersebut bisa diberdayakan, "ujarnya.

"Yang paling utama saya kira adalah akses jalan menuju kesana. Mudah- mudahan ini bisa menjadi perhatian pemerintah," pungkasnya berharap.

Untuk diketahui, sebelumnya ditemukan dua air terjun yang di dusun Benteng Makmur, desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir. Untuk antisipasi agar potensi wisata alam air tidak dirusak, pemerintah desa setempat terpaksa membatasi ruang gerak masyarakat untuk mendatangi lokasi tersebut. Potensi wisata yang baru ditemukan masyarakat ini berjarak sekitar 32 KM dari jalan lintas Jambi- Tebo

"Kebijakan ini adalah salah satu langkah antisipasi agar lokasi air terjun yang luasnya diperkirakan sekitar 3 hektar ini aman dari gangguan oknum atau pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai potensi wisata ini dirusak," kata Sopwatar Rahman, Kades Muara Kilis. (p07) 


Komentar

Tampilkan

Terkini