author photo
NEWSPORTAL.ID - Membangun jiwa kreatif dibidang kepemudaan memang bukan hal mudah apalagi merubah mindset untuk berwirausaha secara mandiri, sangat dibutuhkan kesabaran, waktu dan usaha yang kontinue, perlu mentor dan motivator juga fasilitator agar kaum muda tetap bersemangat dan tak mudah patah arang.

Hal demikian disampaikan Syah Riri Lookah, Seorang sosok perempuan yang saat ini mengemban amanah sebagai Dosen di FKIP Universitas Jambi yang turut menjadi salah satu kontestan di bursa pencalonan Ketua DPD KNPI Provinsi Jambi yang akan digelar awal Desember mendatang, Saat diwawancarai koran ini, Sabtu malam (25/11/2017).

Ketika disinggung kenapa dirinya tertarik dengan segmen wirausaha mandiri untuk kepemudaan, Riri berpendapat, karena banyak lulusan wisudawan masih tampak bingung setelah lulus mau kerja apa dan kemana, kesulitan mencari pekerjaan dan cenderung hanya ingin mengadu peruntungan dijalur PNS atau menjadi pegawai kontrak di pemerintahan ataupun sektor swasta.

Ia pun mencontohkan di Universitas Jambi yang menjadi tempatnya mengabdi saat ini setiap tahunnya ada sekitar 1500 orang wisudawan yang lulus dan bersaing mencari lapangan pekerjaan. Itu belum ditambah dengan lulusan dari berbagai universitas lain yang ada dalam Provinsi Jambi.

"Situasi itulah yang harusnya dipecahkan bersama atau dicarikan solusinya, bagaimana menumbuhkan semangat wirausaha dikalangan pemuda untuk menciptakan lapangan kerja sendiri atau mandiri, misalnya disektor home industri, perkebunan, perikanan dan seterusnya, yang penting ada kemauan dan tidak patah semangat," ujar Riri menjelaskan.

Selain mindset atau cara pandang, minimnya motivasi dan fasilitasi oleh pihak terkait juga menjadi kendala lambannya proses pengkaderan disebuah organisasi, "Padahal, pemuda yang mau usaha dan siap kerja juga cukup banyak."ujarnya menambahkan.

Jika dirinya terpilih atau dipercaya sebagai Ketua KNPI Jambi yang akan digelar awal Desember mendatang maka yang akan ia kejar di seratus hari pertama adalah turun ke kabupaten/kota  merangkul dan menyusun program untuk kepemudaan secara bersama-sama.

Sebab, menurut perempuan yang berusia 29 tahun ini, Ia pernah sharing di Kemenpora dan darisana Ia ketahui sebenarnya anggaran untuk program kepemudaan itu ada dan bisa sangat membantu bagi usaha-usaha kepemudaan.

"yang penting dan utama bagaimana ada yang memfasilitasi dan memotivasi agar proses kearah itu bisa berjalan sesuai kebutuhan dan regulasi," jelas Riri.

Diakhiri wawancaranya dengan koran ini, Riri mengaku sejauh ini terus melakukan komunikasi dan kordinasi dengan tokoh pemuda maupun yang tergabung di DPD KNPI Provinsi Jambi.

"Saya juga sowan ke senior-senior untuk minta dukungan dan restunya supaya dalam pemilihan nanti berjalan dengan lancar sebab melalui semangat kewirausahaan ini saya yakin kebutuhan dan produktifitas pemuda bisa semakin terakomodir dan berdampak positif bagi daerah dan masyarakat," Tutup pengusaha muda sekaligus Sekretaris Umum Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) Jambi ini.

Selain Syah Riri Lookah, Sejauh ini nama-nama yang muncul di bursa pencalonan Ketua KNPI Provinsi Jambi ada beberapa orang lagi yaitu Revki Ramadhoni, Mezzi Arseto dan Tengku Gilang Pramanda. Keempat calon sepertinya punya peluang sama dan sedang melakukan konsolidasi jelang Musyawarah Provinsi KNPI Provinsi Jambi pada 2 Desember mendatang. (P03) 

SILAHKAN KOMENTAR 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post