-->

Iklan

Iklan

Komunitas Donor Darah Sukarela Tebo "KADO DAHSAT" Terbentuk

NEWSPORTAL.ID
Minggu, 10 Desember 2017, Desember 10, 2017 WIB Last Updated 2018-01-03T17:06:31Z
NewsPORTAL.ID – Masih terbilang masih belia Komunitas Donor Darah Sukarela Tebo (KADO DAHSAT) Aatau KD Tebo sangat dinantikan kehadirannya. Komunitas yang berdiri pada tanggal 01 Desember 2017 yang dibentuk oleh H. Muhammad Eka Wijaya, SP, M.Si pensiunan ASN Tebo yang juga Dosen di Salah Satu Perguruan Tinggi di Muara Bungo.

Yang menjadi pertanyaan, apa sebenarnya KD ini, singkatnya KD merupakan komunitas sukarela yang siap menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan, karena selama ini sudah menjadi rahasia umum kalau  kebutuhan darah bisa menjadi bisnis ratusan ribu rupiah.Dengan adanya bisnis tersebut pulalah yang mendesak terbentuknya KD.

Hal ini dibenarkan oleh pencetus Komunitas KD, H. Muhammad Eka Wijaya, SP, M.Si. Dikatakannya, banyak faktor yang membuat KD ini dibentuk, salah satunya  bisnis jual beli darah. Sementara, jika melihat kondisi keluarga – keluarga pasien yang membutuhkan darah namun tidak ada dana untuk membeli darah.

"Atas dasar ini kita membentuk KADO DAHSAT yang anggotanya siap memberikan donor darah secara cuma – cuma tanpa imbalan apapun,"kata Bang Cecep sapaan H. Muhammad Eka Wijaya, SP, M.Si.

Untuk nama KADO DAHSAT lanjut Cecep, artinya pemberia atau hadiah ataupun hibah dan kepanjangannya KADO DAHSAT (KomunitAs Donor DAraH SukarelA Tebo), "Kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bergabung dalam komunitas ini," jelas Bang Cecep lagi.

Praktek bisnis darah yang secara tidak langsung ini dibenarkan oleh salah satu orang tua pasien. Dia mengaku saat ini anaknya tengah membutuhkan 5 kantong darah.

Namun, lanjut dia, saat dirinya mencari darah ada yang menawarkan darah dengan golongan yang sama. "Tapi saya diminta bayaran Rp 500 ribu. Karena tidak punya uang, dengan sedihnya tawaran itu saya tolak, "ungkapnya.

"Saat kebingungan, saya dikenalkan oleh teman bahwasanya ada komunitas yang bisa memberikan darah tanpa biaya sepeserpun yakni KD Tebo, mendengar hal tersebut saya nangis pak” jelas bapak ini.

Untuk diketahui, saat ini lebih dari 30 anggota yang tergabung dalam KADO DAHSAT (KD) Tebo. Jumlah anggota ini dipastikan akan terus bertambah. Pasalnya, komunitas ini selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung. Caranya cukup dengan menghubungi Bang Cecep via Wa 0852-6996-9095. (p02)
Komentar

Tampilkan

Terkini