author photo
NEWSPORTAL.ID - Kabar mengejutkan datang dari kabupaten Batanghari. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten setempat, saat ini terdapat 2.192 hektar kebun karet petani yang terserang hama jamur akar (JAP) dari 108.943 hektar luas total kebun karet petani yang ada di kabupaten tersebut.
Ribuan hektare kebun karet petani yang terserang hama itu menurut Gusnel Hadi, Kabid Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, tersebar di delapan kecamatan tapi sifatnya tidak merata sebab dalam hamparan satu hektar kebun karet, tanaman yang diserang hanya beberapa bagian.
Menurut Gusnel, Sebaran kebun karet petani di delapan kecamatan terbagi dalam dua kelompok UPT yakni seluas 49.600 hektar berada di UPT Matagual kecamatan Maro Sebo Ulu yang meliputi empat kecamatan, diantaranya Maro Sebo Ulu, Mersam, Batin XXIV dan Muaratembesi, yang mana dari jumlah tersebut ada sekitar 407,5 hektar kebun yang diserang hama.
Selanjutnya, seluas 59.343 hektar berada di UPT Muarabulian yang meliputi kecamatan Muarabulian, Bajubang, Pemayung dan Maro Sebo Ilir, yang mana dari jumlah tersebut 1.785 hektar juga diserang hama.
"Pada umumnya serangan jenis 'JAP rigidoporus lignosus' hanya merupakan serangan ringan saja yang di sebabkan oleh pohon-pohon karet tua yang tidak terawat," kata Gusnel, kepada Antara yang dilansir Jum’at (2/2/2018)
Guna mengantisipasi penyebaran hama pemerintah daerah itu melakukan sosialisasi kepada petani dengan pendampingan oleh UPT dan dilakukan penanganan secara manual. "Salah satu cara agar hama tersebut tidak menyebar, pohon karet yang terserang hama JAP, ditumbangkan dan kemudian dibakar," kata Gusnel.
Petani : Jaga Kebersihan Kebun
Berdasarkan pengakuan petani karet serangan hama ini bukan perkara baru.
"Hama jamur akar tersebut sudah sering menyerang kebun-kebun karet. Pada umumnya hama tersebut menyerang pohon karet yang sudah tua dan juga pohon karet yang sudah tumbang lalu merembet ke pohon lainnya," kata seorang petani di Kelurahan Sridadi Noro.
Selain melakukan penebangan terhadap pohon yang terserang hama, Petani ini juga menganjurkan untuk menjaga kebersihan di lingkungan kebun agar hama tak mudah berkembang biak (P03/Antara/ImageBI)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
More on

NEWS