author photo
NEWSPORTAL.ID Paska ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pada 2 Februari 2018 dalam perkara dugaan penerimaan gratifikasi proyek di Jambi sekitar Rp6 Miliar KPK sempat menyatakan akan segera menahan Zumi Zola Gubernur Jambi periode 2016-2021.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM juga telah menerima surat permintaan dari KPK untuk mencegah Zumi Zola ke luar negeri sejak 25 Januari 2018 untuk 6 bulan kedepan.

Perihal status Zola yang saat ini menjabat sebagai Gubernur sempat ditanyakan awak media kepada Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri, Kemarin (8/2) saat dirinya sedang berada di Batam.

Menurut Menteri Dalam Negeri tersebut, status Zumi Zola masih menunggu proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh aparat penegak hukum untuk membuat keputusan pemberhentiannya.

"Tunggu proses penyidikan yang ada. Proses KPK bagaimana, mau sidang bagaimana," kata Tjahjo.

Selama proses itu, Kementerian Dalam Negeri tidak akan memberhentikan Zumi Zola sebagai kepala daerah. "Tidak dipecat," tegasnya lagi.

Sebagaimana diketahui, Sampai kemarin Zola belum ditahan dan masih menjalankan tugasnya sebagai gubernur antara lain mengunjungi Kantor Samsat Kota Jambi untuk memantau pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan bermotor.

Berbeda dengan Zumi Zola, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang pada 4 Februari ditetapkan KPK sebagai tersangka langsung ditahan sehingga dilepastugaskan dari jabatannya.

Berkenaan dengan hal itu, Tjahjo sebelumnya menjelaskan bahwa walau sama-sama berstatus tersangka, kasus Gubernur Jambi ini berbeda dengan kasus Bupati Jombang.

"Kalau Bupati Jombang kena Operasi Tangkap Tangan, kemudian ditahan, sehingga dia tidak bisa menjalankan pemerintahan sehari-hari sampai nanti ada keputusan hukum tetap di pengadilan, jadi kami tunjuk pelaksana tugas, yaitu wakilnya,"ujar Tjahjo Kumolo (P03/Antara)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
HUKRIM (553) NEWS (358) SOROT (246) OPINI (101) KERJA (61) WARKOM (57) ARENA (55) WISBUD (20) LENSA (11) JEJAK (9) SENI (9) EDUKASI (4) EKOBIS (4) POLITIK (3) KREATIF (2)