author photo
Photo : doc Puad Kades Tuo Sumay, Kecamatan Sumay. 
NEWSPORTAL.id - Diduga situs purbakala kembali ditemukan warga Kabupaten Tebo. Kali ini, struktur atau susunan bata kuno mirip sisa bangunan candi ini ditemukan di Dusun Ulak Bandung, Desa Tuo Sumay, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Photo penemuan bata kuno ini diupload ke media sosial facebook oleh pemilik akun Sepni Windra beberapa waktu lalu. Ada 4 photo penemuan bata yang diupload,”Penemuan bangunan jaman dahulu,tapi masih mempertanyakan apakah candi apa makam,tepat nya di dusun ulak Bandung desa tuo sumay..”keterangan pada akun facebook Sepni Windra.

Penemuan ini dibenarkan oleh Puad kepala desa Tuo Sumay, Kecamatan Sumay. Dia menjelaskan jika bata kuno diduga sisa bangunan candi ini ditemukan warga saat menanam sawit.

Menyurut dia, dari bentuk dan struktur bata yang ditemukan tersebut, kuat dugaan sama seperti batu bata yang pernah diteliti oleh arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) beberapa waktu lalu.

“Dilihat dari fisiknya, bata tersebut sama seperti bata candi yang ditemukan di desa saya (Tuo Sumay). Soalnya, sudah beberapa kali arkeolog dari UI turun langsung melakukan penelitian,”ujar Puad dikonfirmasi media ini, Kamis (05/04/2018).

Atas penemuan ini pun, Puad minta kepada warganya dan pemilk kebun agar sama-sama menjaga peninggalan situs sejarah tersebut. (P07)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
More on

NEWS