author photo
Massa SMB (20/9/2018)
Newsportal.id - Ratusan warga yang tergabung dalam organisasi Serikat Mandiri Batanghari (SMB), Sore ini, Kamis 20 September 2019 berunjuk rasa di Mapolres Batanghari.

Ratusan massa yang di pimpin Muslim, Ketua SMB ini mendesak kepolisian agar membebaskan anggota mereka Eko Sunarto alias Sunar yang ditangkap beberapa hari yang lalu.

Menurut warga yang melihat jalannya aksi perwakilan massa sudah diterima untuk menyampaikan langsung diantaranya Leviana, Istri Sunar, yang mengatakan bahwa pada saat kejadian bukan suaminya saja yang ada di lokasi.

"Sekitar 200 orang.  Jalan yang masuk ke Polres tadi sempat ditutup tapi perwakilan massa sudah diterima 5 orang" ujar Hen warga setempat mengabarkan.

Penangkapan terhadap Sunar diduga buntut dari pengeroyokan atau penganiayaan terhadap Nyoman warga Muaro Kilis Kabupaten Tebo pada (10/9) lalu.

Nyoman selaku korban saat di wawancara awak media (15/9) sewaktu dirawat di RSU Tebo mengaku diserang 15 orang ketika berada di pondok Safari yang lokasinya tak jauh dari Desa Belanti Jaya kabupaten Batanghari.

Selain dibacok oleh Sunar hingga lengan kanannya nyaris putus dirinya juga mengaku dianiaya bahkan diseret-seret oleh sejumlah orang tersebut.

Kehadiran massa SMB hari ini mendesak Polres Batanghari untuk membebaskan Sunar selaku tersangka penganiayaan Nyoman.

Muslim dalam orasinya menyampaikan kesiapannya sebagai penjamin agar Sunar  dibebaskan.

Meminta pihak kepolisian yang ada di lokasi agar ditarik keluar supaya masyarakat disana tidak resah.

Sebagaimana yang diketahui SMB yang di pimpinnya sudah melakukan pendudukan lahan di PT. WKS sejak bulan April yang lalu.

Namun belakangan anggota SMB banyak keluar yang diduga dipicu soal keuangan dan sudah tidak sesuai dengan AD/ART organisasi hingga adanya tindak kekerasan.

"Kami tidak pernah menyakiti anggota polisi dan TNI jadi kami minta keadilan dari Kapolres Batanghari." Harapnya saat orasi.

Menanggapi hal itu, AKP Novrizal selaku Kabag Ops Polres Batanghari menyampaikan bahwa masyarakat adalah mitra kepolisian yang wajib dilindungi dan dalam suatu persoalan tidaklah baik ketika itu dilakukan dengan cara anarkis atau kekerasan.

"Sampaikan aspirasi dengan baik dan santun sebab kita orang timur jika disampaikan dengan baik maka kami selaku tuan rumah juga akan menyambut dengan baik"tegasnya.

Selanjutnya 5 orang perwakilan SMB yakni Jaswadi, Suwanto, Tukani Cahyono, Leviana dan Suminem, Diterima oleh Kompol Sukamto Waka Polres didampingi Kabag Ops dan perwira Polres Batanghari untuk mediasi/musyawarah hingga pukul 17.00 Wib.

Kemudian selanjutnya lima orang perwakilan bersama Wakapolres menyampaikan hasil mediasi kepada massa yang masih bertahan di depan Mapolres.

Antara lain sementara ini Sunar akan dilakukan proses penangguhan dengan jaminan 3 orang yaitu Muslim, Jaswadi dan Tukani Cahyono dengan pembuktian surat pernyataan yang ditandatangani oleh penjamin.

Selanjutnya Muslim kepada massa atau anggotanya menyampaikan agar pulang terlebih dulu karena dirinya masih akan mengurus persyaratan selaku pihak penjamin (Red)

SILAHKAN KOMENTAR 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post