author photo
Forum Komunitas Hijau (FKH) Nusantara bersama FKH Tebo Kotaku saat berkunjung ke Wisata Lubuk Tembesu
NEWSPORTAL.id, TEBO - Ide kreatif Karang Taruna Bungkal, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, patut ditiru. Mereka kompak mengelola lahan seluas 2 ha milik warga sekitar untuk dijadikan Wisata Lubuk Tembesu. Diketahui, Tembesu merukan jenis pohon kayu yang saat ini keberadaannya sudah mulai langka.

Ini diungkapkan langsung oleh Ketua Karang Taruna Bungkal, Rinto Rizky saat mengikuti diskusi santai bersama komunitas Tebo Top Comunity di Pondok Bambu Kukiner, Km.2 Jalan Lintas Tebo Bungo, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Minggu (07/10/2018).

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pemuda Bungkal, paling lama dua minggu lagi Wisata Lubuk Tembesu sudah legal dan sekarang masih dalam penataan, “kata Rinto.

Dijelaskannya, Wisata Lubuk Tembesu lokasinya sangat sejuk dan indah. Tempatnya juga adem walaupun siang hari. “Jadi ini yang membuat kita pemuda Bungkal sepakat membuat tempat itu jadi lokasi Wisata Lubuk Tembesu, “tuturnya.

Untuk menjadikan lokasi tersebut menjadi tempat wisata, pemuda melakukan swadaya. Setiap hari Sabtu dan Minggu, pemuda yang biasanya ngumpul dan mabok-mabokan, sekarang mulai gotong royong membersihkan dan menata lahan tersebut. “Alhamdulillah, dulunya pemuda kita ngumpul yang tidak karuan, sekarang sudah kita berdayakan untuk menata lokasi wisata, “bilang dia.

Rinto mengungkapkan, saat ini ada beberapa kekhawatiran pemuda terhadap lokasi tersebut. Diantaranya, setiap tahun dimusim hujan lokasi tersebut terendam banjir. Selain itu, letaknya atau posisinya berada dibelakang pemukiman warga.

Kemudian, lanjut dia, akses jalan menuju lokasi melintasi rumah warga. Begitu juga status lahan adalah milik pribadi warga. “Ini yang menjadi kendala dan kekhawatiran kami, dan kami butuh solusinya. Tapi itu bukan kendala, kami tetap terus mewujudkan Bungkal punya wisata Lubuk Tembesu. Bukal bukan lagi penuh dengan pemuda mabok-mabokan. Bukan bukan lagi sarang Narkoba, “ucapnya.

“Yang jelas kedepanya kami ingin Bungkal memiliki wisata yang bisa mendongkrak ekonomi bagi warga Bungkal dan sekitarnya, “tutup dia.

Kegiatan Karang Taruna Bungkal ini mendapat respons dari Danramil 416-05 Tebo Tengah, Kpt Inf Zulkarnaini. Dia menyarankan siap berkontribusi untuk mewujudkan keinginan karang taruna tersebut. “Kita memang butuh pemuda yang kreatif dan inovatif. Semoga apa yang diharapkan pemuda ini segera tercapai,”ucapnya.

Wakapolres Tebo, Kompol Yudha Pranata, SIK juga menyatakan siap mensuport ide kreatif Karang Taruna Bungkal. “Kalau pemuda sudah punya aktivitas positif, mudah-mudahan imet Bungkal tempat pemabok dan sarang Narkoba bakal berubah menjadi Bungkal Kota Wisata. Saya siap mewujudkan ini, “singkat Wakapolres. (ial)

SILAHKAN KOMENTAR 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post