author photo

NEWSPORTAL.id, MUAROJAMBI - Satlantas Polres Muarojambi menilang sebanyak 1.326 kendaraan selama Operasi Zebra yang berlangsung beberapa waktu lalu. Angka ini cukup meningkat dibanding operasi zebra sebelum-sebelumnya. Hal ini di sampaikan oleh Kasatlantas Polres Muarojambi, AKP Abdul Aziz, Kamis (15/11).

Ia menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut, ada sebanyak 447 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 879 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang di tilang. Adapun kebanyakan yang melanggar adalah kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm.

"Selama operasi zebra kita mengeluarkan surat tilang sebanyak 1.326 surat tilang. Angka ini meningkat sekitar 200 surat tilang dari operasi zebra sebelum-sebelumnya. Kebanyakan yang melanggar itu kendaraan roda dua atau sepeda motor yang kebanyakan tidak memakai helm pada saat mengendarai motor," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa untuk mobil kebanyakan sopir itu tidak menggunakan Seat Belt atau sabuk pengaman. AKP Abdul Aziz merincikan bahwa untuk kendaraan sepeda motor yang terlibat dalam pelanggaran lalu lintas yaitu sebanyak 622, kemudian mobil roda empat itu sebanyak 253, dan mobil roda enam sebanyak 451.

"Kemudian ada juga pelanggar yang menggunakan Hp saat mengemudi, tidak memiliki STNK. Untuk mobil ada juga yang melebihi muatan," sebutnya.

Kasatlantas berharap kepada semua masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalu lintas. Hal ini bukan hanya sebagai bentuk takut kepada kepolisian, namun sebagai keamanan untuk diri sendiri dan pengendara lainnya.

"Kita menghimbau agar pengguna jalan selalu tertib dan patuh terhadap etika dan aturan berkendara di jalan raya untuk keamanan diri sendiri dan pengendara lainnya. Saat berkendara juga kita harapka untuk pastikan kondisi fit saat akan berkendara dan cek kodisi kendaraan," himbaunya.

"Diharapkan kita semua berperan aktif dalam mengkampanyekan tertib berlalu lintas mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat sekitar dan lingkungan kerja," pungkasnya. (zan)

SILAHKAN KOMENTAR 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post