-->

Iklan

Iklan

"Paipuk" Kuliner Ramadahan Khas Sekernan

NEWSPORTAL.ID
Selasa, 07 Mei 2019, Mei 07, 2019 WIB Last Updated 2019-05-07T14:25:52Z

NEWSPORTAL.id, MUARO JAMBI - Memasuki Bulan suci Ramadhan 1440 hijriah tahun 2019, di sambutan dengan gembira dan penuh suka Cita oleh masyarakat, khususnya masyarakat Desa sekernan, Kecamatan sekernan Kabupaten Muarojambi.

Di bulan puasa seperti ini, Biasa warga Sekernan Memiliki menu Spesial saat berbuka puasa, Mulai dari Buah - buahan, Aneka es, dan masakan tradisional yang tidak kalah nikmatnya, yang bisanya hanya ada dan hanya di buat saat Bulan suci Ramadhan saja.

Seperti Kue manisan Milik Masyarakat sekernan yang satu ini, Kue yang berbentuk Bulat memanjang seperti Bulan sabit ini, biasa di sebut oleh masyarakat dengan nama "paipuk", Menurut masyarakat sekernan kue ini hanya di buat saat bulan suci Ramadhan saja.

Seperti yang di ungkapkan oleh Sumaryati, Warga RT 07 Desa Sekernan, ia Menuturkan Kue Manisan Paipuk ini di buat dengan menggunakan adonan Tepung kerana, Yang beri isi berupa campuran kepala dan gula Aren, kemudian di siram dengan santan kelpa, dan dimasak dengan cara di kukus.

"Biasa Kue ini hanya di buat di bulan Ramadhan saja, Sesuai dengan bentuk nya seperti Bulan sabit, yang menandakan bahwa Bulan Puasa telah tiba, seperti itulah Filosofi nya kue Paipuk ini di buat oleh orang tua dulu,"ujarnya.

Namun kalau untuk nama nya sendiri, Sumaryati Mengaku kurang tahu, kenapa di berinama seperti itu, yang jelas kalau masyarakat di sekernan ini sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang nama nya "Paipuk" ini. pungkasnya .(zan)
Komentar

Tampilkan

Terkini