Wow, Ada Temenggung Tupang Besak Sungai Dahan Pada Pameran Kampung Hukum Di MA Jakarta

Wow, Ada Temenggung Tupang Besak Sungai Dahan Pada Pameran Kampung Hukum Di MA Jakarta

Tuesday, March 1, 2016, March 01, 2016
PORTALTEBO.com - Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung (MA) yang dilaksanakan di Jakarta Compention Center, Jakarta, Selasa 1 Maret 2016 diikuti oleh Bagian Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) RI. Salah satu kegiatan pameran tersebut adalah penerangan dan penyuluhan hukum. Hal itu sesuai dengan program kejaksaan saat ini, yaitu jaksa masuk sekolah (JMS).

Ternyata ada yang menarik pada stand pameran tersebut, Tiga photo Ikrar Demarkasi mantan Kasi Intel Kejari Tebo Provinsi Jambi, dipajang oleh panitia pameran. Yang lebih menarik lagi, tiga photo tersebut menggambarkan perjuangan beliau (Ikrar Demarkasi, red) melakukan penyuluhan hukum di pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) Sungai Dahan Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir.

"Iya ada 3 photo yang dipajang. Itu photo waktu saya sosialisasi hukum di pemukiman SAD. Waktu itu saya menjabat Kastel Kejari Tebo, "terang Ikrar saat dikonfirmasi PORTALTEBO.com, Selasa (1/3/2016).

Dijelaskan Ikrar, photo tersebut dokumentasi pada tahun 2014 lalu. Saat itu penyuluhan hukum diikuti oleh 4 kelompok atau Temenggung, yaitu Temenggung Apung, Temenggung Tupang Besak, Temenggung Lidah Pembangun,  dan Temenggung Maraman.

"Itu photo bersama Temenggung Tupang Besak saat resepsi pengangkatan saudara. Yang jelas, sekarang mereka (SAD) saudara saya, " tutur Ikrar yang mengaku jika sosialisasi tersebut dilakukan atas inisiatif sendiri, atau tidak resmi.


"Sekarang programnya jaksa masuk sekolah (JMS), kalau saya kemari jaksa masuk pedalaman," gurau dia.

Menurut Ikrar lagi, sosialisasi hukum yang dilakukan di pedalaman (SAD) cukup berhasil.  Hal itu ditandai adanya kesadarana hukum warga SAD. "Warga SAD saat ini mula hidup menetap dan bertani. Mereka berharap program tersebut terus dilakukan secara berkala, dan bukan hanya di SAD Sungai Dahan Kecamatan Muara Kilis saja, tapi kepada seluruh warga pelosok di seluruh wilayah di Propinsi Jambi melalui Kejaksaan setempat, "harapnya.

"Saya juga berharap seluruh intansi terkait ikut mensukseskan program kejaksaan dibidang penyuluhan dan penerangan hukum agar lebih sukses lagi, "tuntasnya. (p01)

TerPopuler