-->

Iklan

Iklan

Pentingnya Peran Bhabinkamtibmas Yang Perlu Diketahui Masyarakat

NEWSPORTAL.ID
Senin, 11 April 2016, April 11, 2016 WIB Last Updated 2017-11-07T14:38:56Z
Apa itu Bhabinkamtibmas? Bhabinkamtibmas adalah Polisi yang membina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat setingkat desa dari tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur Polisi.

Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil, yakni kelurahan atau desa, mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat tentang segala hal yang terjadi di desa / kelurahan binaanya.

Kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah sambang atau melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat. Prinsipnya, kegiatan Bhabinkamtibmas hanya perlu 4 D (Datang-Duduk-Dengar-Dialog) dan 1 C (Catat). Kegiatan itu bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di rumah bisa dilakukan di semua tempat.

Bhabinkamtibmas merupakan tugas yang kelihatan sangat sederhana akan tetapi sangat mulia, dan bagi Kepolisian sendiri merupakan salah satu cara pantauan dini, khususnya di desa. Tujuannya agar bisa mencegah terjadinya tindakan yang mengganggu keamanan baik yang bersekala kecil ataupun besar , dan tampa disadari ini jg merupakan salah satu cara untuk memberikan pelajaran "sadar hukum" bagi warga binaanya.

Selamat bertugas para Bhabinkamtimas jadilah polisi yang bermitra dan di segani masyarakat, bukan ditakuti. (*)

Penulis : Boyolali Nasution (aktivis Jambi)

Komentar

Tampilkan

Terkini