Dua Kelompok Suku Anak Dalam Berharap Kepastian Ruang Kelola Di HTI PT WKS

Dua Kelompok Suku Anak Dalam Berharap Kepastian Ruang Kelola Di HTI PT WKS

Tuesday, December 12, 2017, December 12, 2017
NewsPORTAL.ID - Dua kelompok Suku Anak Dalam berharap adanya kepastian ruang kelola kepada pemerintah atas wilayah jelajah mereka yang diketahui sudah menjadi konsesi PT Wira Karya Sakti (PT.WKS) di wilayah distrik VIII yang mencakup kabupaten Batang Hari dan kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Kami jangan digantung idak betali, karena kami sudah menunggu setahun lebih” ujar Kulub, Wakil Tumenggung Hari saat ditemui dilapangan (11/12/2017).

Menurut Kulub, selama setahun berproses ini, mereka sudah dua kali menyampaikan harapannya secara langsung kepihak terkait yaitu Dinas kehutanan provinsi.

“Kami sudah ikuti arahan yang baik dan cara-cara yang baik makanya kami berharap hasilnya juga baik” ujar Kulub menjabarkan.

Menurut Kulub selama ini kelompoknya menetap di pelepat kabupaten Bungo dan sudah menerima program perumahan dari pemerintah.

Namun, selama disana, mata pencaharian masih serabutan karena program perumahan tidak disertai lahan untuk kehidupan.

Sedangkan dasar mereka sendiri kenapa ingin menggarap diwilayah yang sudah menjadi konsesi PT WKS karena diwilayah tersebut, menurut Kulub, merupakan areal nenek moyang yang sudah lama mereka tinggal dan sekarang ingin digarap.

Hal senada juga disampaikan oleh Tumenggung Bujang Itam terkait kebutuhannya atas kepastian ruang kelola.

Menurut kondisi dilapangan Tumenggung Bujang Itam sudah menetap dan sudah bercocok tanam baik karet maupun sawit diwilayah yang tempati saat ini.

Secara lokasi kedua kelompok sepakat akan mengelola dua titik yang berbeda.

Kelompok Bujang itam di jalan 803 Distrik VIII PT WKS Kabupaten Tanjung Jabung Barat sedangkan kelompok Tumenggung Hari di jalan 830 Distrik VIII Kabupaten Batang Hari. (P01) 

TerPopuler