Makam dan Bekas Istana Sultan Thaha Kembali Ramai Dibahas Warga Net

Makam dan Bekas Istana Sultan Thaha Kembali Ramai Dibahas Warga Net

Saturday, January 13, 2018, January 13, 2018
Makam Sultan Thaha Fatahillah di Desa Tanah Garo, Tebo.
NEWSPORTAL.ID - Bermula dari postingan akun Jhum Gomez di group facebook Portal Berita Tebo yang di kirim pada 11 Januari 2018.

Melalui akunnya Jhum Gomez menuliskan “INI MKAM SULTHAN TAHA YG BERADA D DAERA DESA TANAH GARO....mri kita rawat & kita jaga bersama,”ujarnya, dengan latar belakang 3 buah foto diantaranya foto yang terlihat diatas. 

Tak pelak, Paska itu kiriman Jhum Gomez ramai di komentari warga yang ada dalam group yang sudah beranggota lebih dari 30 ribu orang tersebut. 

Kontroversi yang terjadi secara umum membahas tentang posisi makam Sultan Thaha karena selama ini di Kota Tebo juga ada makam Sultan Thaha.

Selain letak posisi di dua tempat yang berbeda Nama di nisan makam juga juga terdapat perbedaan walaupun sama-sama berawalan dengan Sultan Thaha.

Karena makam yang ada di kota Tebo tertulis makam Sultan Thaha Syaifudin sedangkan makam yang di posting Jhum Gomez yang ada di desa Tanah Garo, Kecamatan Muaro Tabir tertulis Sultan Thaha Fatahillah.

Makam Sultan Thaha Saifuddin di Kota Tebo
Kontroversi makam Sultan Thaha yang ada di banyak tempat ini sebenarnya bukan terjadi kali ini saja karena menurut beberapa literatur makam Sultan Thaha memang ada dibanyak tempat termasuk di luar negeri.

Konon, jika jasad tersebut tidak dipisah atau dikubur secara utuh Sultan Thaha bisa hidup kembali karena berkaitan dengan ilmu kanuragan yang di miliki beliau di kala itu.

Penyebab lainnya kenapa Sultan di duga ada di banyak tempat karena untuk mengecoh atau menyulitkan dari serangan musuh-musuhnya juga.

Selain posisi makam yang menjadi Kontroversi keberadaan peninggalan bekas istana atau markas Sultan yang ada di Tanah Garo atau Olak Kemang Kecamatan Muaro Tabir, Tebo, juga menuai perhatian oleh warga net.

Sebab kondisinya yang memang sudah lama terbengkalai bahkan ada pula informasi jika di lokasi tersebut sudah di tanami sawit oleh warga.

Peninggalan Istana Sultan Thaha di Olak Kemang Tebo
Pertanyaannya tentu sederhana, Kapan pemerintah peduli dengan peningalan bersejarah tersebut? (P03)

TerPopuler