Soal Penangkapan Petani Di Merangin Jajaran Polres Belum Bisa Banyak Komentar

Soal Penangkapan Petani Di Merangin Jajaran Polres Belum Bisa Banyak Komentar

Sunday, January 28, 2018, January 28, 2018
Bupati Merangin saat di lokasi Sabtu (27/1/2018)
NEWSPORTAL.ID - Hari ini, Minggu (28/1), Beredar kabar tentang adanya pengamanan terhadap 3 orang petani dari wilayah Jangkat Kabupaten Merangin yang dilakukan petang kemarin.

Menurut kabar yang diterima newsportal.id, Ketiga petani yang diamankan diduga  menyangkut persoalan lahan antara desa Renah Alai Kecamatan Jangkat dengan warga desa dan kecamatan yang lainnya.

Adapun informasi yang beredar, Pada tanggal (25/1) warga Desa Renah Alai melihat warga dari luar desa mereka yang berasal dari desa Pulau Tengah, Masurai, Muara Siau dan Dusun Mentelun, Melakukan kegiatan penebasan lahan untuk kebun di tanah adat mereka.

Kabarnya lagi, Sebelum adanya kegiatan penebasan oleh warga dari luar desa tersebut, Warga Renah Alai sudah mengingatkan bahwa kegiatan penebasan di lokasi itu jangan dilanjutkan.

Namun, Peringatan warga Renah Alai seolah tidak di indahkan sehingga sekitar tengah hari kemarin (27/1), Masyarakat Renah Alai beramai-ramai mendatangi lokasi dan memblokir jalan keluar bagi masyarakat yang melakukan penebasan.

Kemudian, Azhari dengan sepeda motornya tiba dilokasi untuk melihat-lihat keadaan namun ketika Ia kembali lagi ke lokasi tersebut, Warga Renah Alai diduga menahan dirinya beserta Mardi dan Indra dengan alasan karena keduanya ikut melakukan penebasan. 

Mardi dan Indra kabarnya adalah warga dari desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat. Sedang Azhari adalah Warga Sungai Tebal Kecamatan Lembah Masurai sekaligus Ketua Serikat Petani Indonesia Kabupaten Merangin dan Ketua Seknas Tani Jokowi Provinsi Jambi.

Tak lama kemudian situasi bisa ditengahi oleh jajaran Polsek dan Koramil Jangkat. Kemudian beranjak sore sekitar pukul 17.35 Wib, Dandim, Kapolres dan Bupati Merangin tiba dilokasi untuk melakukan mediasi.

Paska itu kabarnya tiga petani yang ditahan  juga ikut diamankan ke kota Bangko.

Untuk memperjelas situasi dilapangan newsportal.id siang ini berusaha menghubungi Iptu Suharto sebagai Kapolsek Lembah Masurai namun hubungan telp belum mendapat respon.

“Coba konfirmasi ke kabag ops aja ya, atau ke humas aja,” ujar Akp Sandi Mutaqin, Kasat Reskrim Polres Merangin, Saat di konfirmasi siang ini untuk menanyakan perkembangan aktual hari ini paska mediasi sore kemarin.

Kami sudah berusaha menghubungi kontak WhatApp Kabag Ops Polres Merangin, Kompol Wirmanto Dinata, Namun hingga berita ini diturunkan WA masih belum terbaca (P03)

TerPopuler