Terkait Jalan Angkutan Batu Bara Begini Hasil Pertemuan Pemerintah Dengan Pengusaha

Terkait Jalan Angkutan Batu Bara Begini Hasil Pertemuan Pemerintah Dengan Pengusaha

Wednesday, April 25, 2018, April 25, 2018
Mobil Angkutan Batu Bara/NET

NEWSPORTAL.IDKemarin, Selasa (24/4) telah dilaksanakan rapat koordinasi pembangunan rute jalan khusus angkutan batu bara yang mencakup kabupaten Sarolangun, Batanghari, Muaro Jambi dan Kota jambi, di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari.

Rapat yang dipimpin oleh H. Bahtiar, Sekda Kabupaten Batang Hari yang dihadiri langsung oleh utusan Pemprov Jambi, Pemkab Sarolangun dan Batanghari serta pengusaha batu bara ini diketahui menghasilkan beberapa kesimpulan.

Pertama sepakat untuk menggunakan jalan alternatif dari sarolangun melalui simpang sridadi tembus tempino sepanjang 10.36 km.

Kemudian akan diadakan MOU antara Pemkab Batanghari dengan asosiasi pengusaha batu bara tantang pemanfaatan jalan alternatif tersebut dan di ketahui oleh Gubernur Jambi.

Asosiasi pengusaha batu bara setuju akan melakukan pemeliharaan jalan alternatif sesuai standar yang di tentukan. Dan untuk mencegah penumpukan kendaraan di kota Muara Bulian diminta kepada asosiasi melakukan sosialisasi pengaturan pengangkutan dari mulut tambang.

Dinas perhubungan provinsi jambi akan segera melakukan rapat dengan dinas kebupaten kota dan satlantas tentang manajemen waktu pengangkutan batu bara.

Asosiasi pengusaha harus di notariskan agar keberadaannya diatur secara hukum sehingga dapat melakukan penandatanganan dokumen kerjasama dengan pemerintah. 

Terakhir, Dalam pembahasan angkutan harus dibacakan oleh organda dan untuk pengawasannya agar dilakukan tes urin bagi para pengemudi angkutan batu bara.

“Saya mengharapkan untuk dapat mencarikan solusi dan kita sepakati langkah-langkah awal yang harus di tindak lanjuti untuk menanggapi tentang angkutan batu bara ini,”ujar Tagor Mulia, Asisten III Pemprov Jambi dalam pertemuan rapat.

Sementara koordinator pengusaha batu bara, Eddy Gunawan, menyampaikan pihaknya  sangat berharap kepada pemerintah untuk di tentukan jalan khusus angkutan batu bara dan siap membantu untuk pembuatan jalan dan pemeliharaan.

Selanjutnya menurut Tagor, Poin yang harus di sepakati dalam waktu dekat adalah pengaturan jam pengangkutan harus dibuat dan disepakati supaya tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan yang lainnya.

Pertemuan yang berakhir pukul 13.00 WIB ini dihadiri oleh Ir. Tagor Mulia Nasution.MM, Asisten III Pemprov Jambi. Fahrial Adi Putra, Kadishub Provinsi Jambi. Harry Andrian, Kadis ESDM Provinsi Jambi dan Sigit Eko Yuwono, Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Jambi.

Kemudian Syopyan usman dari Dishub Batang Hari. Amat Haryono, Kasat Pol PP Batang Hari. Saharudin, Kabiro Program APKS. Masri.SH dan Kabag ADM Pembangunan. 

A Waldi Bakri, Sekdin DPMPTSP Sarolangun. Priyo Sutopo, Kasi Kesbangpol Sarolangun. Eddy Gunawan, Koordinator Pengusaha Batu Bara dan Michael Silitonga dari PT.GMJ Jambi (P03)

TerPopuler