GMPK Minta TP4D Kejati Jambi Benar-benar Mengawasi Proyek Rusu di Tebo

GMPK Minta TP4D Kejati Jambi Benar-benar Mengawasi Proyek Rusu di Tebo

Friday, July 20, 2018, July 20, 2018
NEWSPORTAL.id - Sudah beberapa bulan ini, proyek pembangunan rumah susun di Kabupaten Tebo, tengah dilaksanakan.

Pantauan NEWSPORTAL.id di lokasi proyek, tampak papan informasi proyek terpasang berdampingan dengan papan Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Jambi.

Sementara, pada papan informasi proyek dituliskan, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Perumahan, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Penyediaan Perumahan.

Pada papan informasi proyek tersebut juga dituliskan, Pekerjaan: Pembangunan Rumah Susun Kab. Tebo, Lokasi Pekerjaan: Kabupaten Tebo, Nomor Kontrak: OS/KONTRAK/SNVT-PNP JBI/IV/2018, Sumber Dana: APBN, Masa Pelaksa: 240 Hari Kalender, Pelaksana: PT. Metro Kreasi Indoteknik, Konsultan MK: CV. Cendikia Consultant. Sayangnya, tidak terlihat nilai proyek tertulis di papan informasi proyek tersebut.

Saat media ini mencoba menanyakan soal progres pekerjaan proyek tersebut, tidak satu pun pekerja maupun pengawas yang memberikan jawaban. Bahkan terkesan ada yang ditutup-tutupi.

“Dak boleh diphoto bang, “ujar Adi yang mengaku konsultan pengawas proyek rumah susun tersebut, saat melarang media ini mengambil photo hasil pekerjaan sementara, Jumat (20/07/2018).

Terpisah Ketua DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kabupaten Tebo Tomson Purba mengaku sangat apresiasi atas dibangunnya rumas susun di Kabupaten Tebo.

Agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan, dia minta kepada TP4D Kejati Jambi agar benar-benar melakukan pengawasan dan pendampingan hukum terhadap pekerjaan proyek tersebut.

“Kita percaya jika rekanan bekerja sesuai spesifikasi pekerjaan. Namun, alangkah bagusnya jika pekerjaan rekanan tetap diawasi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, “ujar Tomson, Jumat (20/07/2018).

Diakui Tomson, sebelumnya dia pernah menanyakan mengapa rumah susun tersebut dibangun dengan konstruksi bertingkat. Sementara, menurut dia, dibeberapa daerah pembangunan rumah susun dilaksanakan dengan konstruksi bertingkat karena keterbatasan lokasi.

“Alangkah bagusnya jika rumah susun tersebut dibangun melebar, akan tampak asri dan mudah dalam perawatan. Di Tebo kan masih banyak lahan kosong yang luas,”tutup Tomson. (P01/P15)

TerPopuler