Gubernur Putuskan Jambi Siaga Asap Heli Bombing Sudah Meluncur Ke Jambi

Gubernur Putuskan Jambi Siaga Asap Heli Bombing Sudah Meluncur Ke Jambi

Tuesday, July 24, 2018, July 24, 2018
Istimewa Newsportal.id
NEWSPORTAL.ID - Hingga pertanggal (22/7) kemarin, Pemerintah Provinsi Jambi mencatat ada 30 titik hotspot yang tersebar di seluruh Kabupaten yang ada di daerah Jambi. Menyikapi itu, Pertanggal (18/7) Fachrori Umar selaku Plt Gubernur Jambi sudah menandatangani Surat Keputusan No.656/KEP.GUB/BPBD-2.2/2018 tentang Penetapan Status Siaga Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi.


Untuk menyikapi atau mengantisipasi meluasnya bencana asap dan karhutla pemda dan para pihak hingga kini terus melakukan upaya pencegahan dan pemadaman dini.

Adapun langkah yang sudah ditempuh yakni melakukan upaya pre-emtif seperti menerbitkan Peraturan daerah No.2 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Karhutla serta Pergub No.31 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis untuk pelaksanaan Perda tersebut.

Kemudian melakukan deteksi dini melalui pemantauan hotspot setiap hari dan pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar.

Melakukan monitoring Sarpras Karhutla pada perusahaan kehutanan dan perkebunan dan melalukan rapat koordinasi.

Selanjutnya melakukan upaya prefentif melalui groundcheck hotspot, Patroli dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api dan upaya refresif yakni melakukan pemadaman dan penegakan hukum.

Sementara langkah yang terus dilakukan adalah melaksanakan kegiatan pencegahan karhutla (Sosialisasi, patroli, dll) sembari terus mendorong dunia usaha untuk berperan aktif dalam pencegahan karhutla serta membantu masyarakat dalam pembukaan lahan tanpa bakar.


Selanjutnya melakukan apel siaga dan menetapkan status siaga darurat karhutla di Provinsi Jambi.

Adapun rekomendasi dan harapan pemerintah daerah jambi yakni perlu dilakukan revisi UU 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang masih membolehkan membuka lahan dengan cara membakar seluas 2 hektar.

Kemudian dukungan pemerintah pusat dalam penegakan hukum khususnya pada areal konflik yang terbakar dan anggaran untuk kegiatan pegendalian karhutla.

Demikian disampaikan Kadis Kehutanan Provinsi Jambi melalui Kasi Pengendalian Karhutla Donny Osmond saat di konfirmasi hari ini (24/7/2018).

"SK Status Siaga Darurat Prov. Jambi baru ditetapkan dan Heli bombing sudah tiba di Jambi untuk pemadaman apabila terjadi karhutla khususnya pada daerah yang sulit dijangkau melalui pemadaman darat,"Pungkasnya (Red)

TerPopuler