Jambi Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hutan Gratis

Jambi Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hutan Gratis

Thursday, July 12, 2018, July 12, 2018
NEWSPORTAL.id - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi memiliki program gerakan penanaman sejuta pohon. Untuk mewujudkan program ini, salah satu langkah yang diambil oleh Dishut yakni menyediakan ribuan bibit tanaman hutan untuk dibagikan secara gratis.

Untuk mendapatkan bibit tanaman hutan ini syaratnya sangat lah gampang. Cukup dengan membawa photo copy KTP bagi masyarakat atau individu. “Jadi bagi masyarakat yang ingin menanam pohon di perkarangan rumah atau lahan kosong, kita sediakan bibitnya. Syaratnya cuma photo copy KTP, “ujar Ahmad Husaini, Mandor Sarana di Persemaian Permanen Pal 11 Jambi, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Jambi.

“Bibit yang kita berikan sesuai kebutuhan. Per orang atau individu maksimal 200 bibit. Begitu bawa KTP, bibitnya langsung bisa dibawa, “kata dia lagi.
Tidak hanya untuk masyarakat, jelas dia, ribuan bibit tanaman hutan tersebut juga diperuntukkan untuk komunitas maupun kelompok, syaratnya harus mengajukan proposal. Untuk jumlah bibit pohon yang dibantu, kata dia, disesuaikan dengan jumlah atau luasan lahan yang akan ditanami.

“Didalam proposal harus disebutkan titik kordinat lahan. Yang jelas bibit pohon yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan. Kalau lahannya luas, bisa saja bibit pohon yang kita beritakan mencapai 10 ribu pohon, “ungkap dia sambil mengatakan jika proses proposal paling lama satu minggu.

Diketahui, untuk itu jenis bibit pohon hutan yang tersedia diantaranya, asam jawa, bintaro, durian, angsana, glodongan, jamban, jelutung, ketapang kencana, mahoni, meranti, salam, sengon dan bulian.

Untuk bibit pihon buah-buahan diantaranya, alpokat, nangka, karet, lengkeng, jambu,  pinang dan sirsak, “tutup Ahmad. (P01)

TerPopuler