-->

Iklan

Iklan

13 Pokdakan Menerima Bantuan Bibit Ikan Dan Pakan

NEWSPORTAL.ID
Selasa, 07 Agustus 2018, Agustus 07, 2018 WIB Last Updated 2018-08-07T07:59:05Z
NEWSPORTAL.id, Sarolangun - Tahun 2018 ini, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sarolangun, mendapatkan bantuan bibit dari pusat untuk budidaya ikan patin. Bibit tersebut diperuntukkan bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang tersebar di Kabupaten Sarolangun.

Kabid Perikanan, Ibie Patria, S. St.Pi, belum lama ini menjelaskan bahwa, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018 berupa bibit ikan patin sebanyak 52.000 ekor dan pakan ikan sebanyak 32.500 kg,

Selain bibit ikan, kata dia, pihaknya juga menerima bantuan pakan terapung sebanyak 6.500 kg, dan pakan tenggelam sebanyak 26.000 kg.

Bantuan tersebut diberikan kepada 13 kelompok perikanan di sejumlah Kecamatan, yakni Kecamatan CNG ada dua Pokdakan yakni Pokdakan Kasang Jaya, Desa Lubuk Resam, dan Pokdakan Sikamis Makmur, Desa Sikamis.

Kemudian di Kecamatan Sarolangun ada tiga Pokdakan, yakni Pokdakan Gading Jaya, Kelurahan Aur Gading, Pokdakan sembilan belas, Kelurahan Suka Sari dan Pokdakan Pagu Jaya, Desa Bernai.

Selanjutnya di Kecamatan Singkut. Ada tiga Pokdakan yang menerima yakni Pokdakan Ponpes Ihya As-sunnah dan Ponpes Alfattah, Desa Payo Lebar, serta Pokdakan Gemilang Sakti, Desa Pasar Singkut.

Sementara, di Kecamatan Pauh Pokdakan Alhuda, Desa Samaran yang menerima bantuan. Begitu juga di Kecamatan Bathin VIII ada satu Pokdakan, yakni Pokdakan Bintang Taruna Muda, Kelurahan Limbur Tembesi.

Lalu, lanjut Ibie Patria, di Kecamatan Limun ada satu yakni Pondakan Pelangi Senja, Desa Berkun. Di Kecamatan Pelawan ada dua pokdakan, yakni Pokdakan Bina Tani, Desa Pematang Kulim, dan Pokdakan KWT (Srikandi) Desa Mekar Sari.
“APBD Sarolangun tidak ada anggaran untuk benih bibit ikan, yang ada itu restoking sama paket bantuan melalui DAK Perikanan. DAK tahun ini, kita dapat bantuan bibit ikan patin dan pakan yang akan diberikan kepada 13 kelompok. Bantuan terbesar di kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun, bibit ikan patin sebanyak 52. 000 ekor,” katanya.

Kelompok penerima bantuan ini, jelas Ibie Patria, adalah kelompok yang sudah lolos verifikasi persyaratan dari pusat. “Yang jelas kelompok penerima sudah memiliki badan hukum, lengkap administrasi keanggotaan, dan sudah mendapatkan penyuluhan,”beber dia sambil mengatakan bahwa, bantuan yang diterima ini diusulankan pada tahun 2017 kemarin.

Kedepannya, Ibie Patria berencana mengusulkan anggaran untuk bantuan bibit dari APBD Sarolangun, “Tahun mendatang, kita masukkan bantuan bibit, karena orang tahunya ngajukan proposal, minta benih, cek lokasi, kalau APBD kita tidak ada anggaran bagaimana kita mengalokasikan, selama ini hanya kebijakan, makanya kita anggarkan walaupun nanti tidak besar, tapi kita anggarakan dalam setahun,” tutupnya. (hru)
Komentar

Tampilkan

Terkini