-->

Iklan

Iklan

Pelatihan Menulis Isu Lingkungan Hidup di Alam Desaku

NEWSPORTAL.ID
Sabtu, 16 Maret 2019, Maret 16, 2019 WIB Last Updated 2019-03-16T13:02:46Z

NEWSPORTAL.ID, MUAROJAMBI - Pelatihan Menulis Isu Lingkungan Hidup yang dilaksanakan selama dua hari ke depan, Sabtu pagi (16/03/2019) resmi digelar di Wisata Alam Desaku, RT 07, Desa Pudak, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Pelatihan yang diikuti sejumlah wartawan dari berbagai media ini, pertama kali mendengar materi tentang bahasa lingkungan, program media serta nama-nama perangkat yang sering digunakan dalam melakukan observasi.

Materi pertama ini disampaikan langsung oleh Ketua Lembaga Pemantau dan Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH), Tri Joko Purwanto yang sekaligus membuka pelatihan tersebut.

Joko menjelaskan seperti apa cara pengambilan data dan dokumen dengan media saat turun ke lapangan.

Untuk program media, kata Joko, yang sering digunakan adalah Cam Scener, Avanza Map, Open Camera, dan Gogle Arth. “Untuk program media ini semuanya bisa diaplikasikan mengunakan android,” kata Joko sambil menjelaskan cara menggunakan setiap progam media tersebut.

Selain itu, Joko juga menjelaskan alat survei yang standar digunakan saat di lapangan di antaranya, Drone, GPS, Kompas dan UAV. “Keempat alat ini juga sangat penting saat melakukan survei lapangan,“ katanya.

Tri Joko dengan lugas memaparkan tanpa panjang lebar. Sesi pertama berakhir sekitar pukul 12.30 WIB dan dilanjutkan dengan istirahat dan makan siang.

Sesi kedua dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Pada sesi ini, para peserta mendapat materi pengenalan dan manfaat tulisan, dan dilanjutkan dengan pelatihan teknis dan cara menulis yang benar dan sesuai kaidah penulisan.

Dengan mengedepankan prinsip 5W dan 1H, Kepala Biro Jambi Gatra Media Grup, Jogi Sirait menyampaikan teknik observasi, konfirmasi dan cara mudah menulis hasil observasi dan konfirmasi. ”Menulis itu gampang, kayak bercerita. Tapi ingat, harus mengedepankan prinsip 5W dan 1H,“ kata Jogi pada materi yang disampaikan.

Pada sesi kedua ini, setiap peserta satu persatu diberi kesempatan menuliskan narasi di papan tulis. Narasi yang ditulis langsung dibahas bersama.

Pantauan NEWSPORTAL.ID, Pelatihan Menulis Isu Lingkungan Hidup ini terlihat santai namun serius. Tampak peserta fokus mendengarkan materi pelatihan yang disampaikan oleh pemateri.

Pelatihan ini merupakan kerja sama antara LP2LH dengan Gatra Media Grup Biro Jambi, media online Dinamis.com, PORTALTEBO.id, detail.id, Dinamisnews.com dan Wisata Alam Desaku. (red)
Komentar

Tampilkan

Terkini