Antisipasi ISPA, Dinkes Muarojambi Dapat Bantuan 6.000 Masker Dari Dinkes Provinsi

Antisipasi ISPA, Dinkes Muarojambi Dapat Bantuan 6.000 Masker Dari Dinkes Provinsi

Wednesday, August 7, 2019, August 07, 2019

NEWSPORTAL.id, MUAROJAMBI - Pemerintah Kabupaten Muarojambi telah menerima 6.000 masker dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Hal ini disampaikan oleh Yes Isman, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Rabu (7/8).

Jumlah ini disampaikan oleh Yes Isman berdasarkan usulan yang di ajukan Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi. Pengusulan ini tindak lanjut dari cuaca dan kondisi peningkatan Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) di Kabupaten Muarojambi.

"Kita usulkan itu sebanyak 6.000 masker, dan alhamdulillah telah di berikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kepada kita. Ini tindak lanjut dari meningkatnya Ispa yang terjadi di Muarojambi,"ujarnya.

Dijelaskan oleh Yes Isman bahwa penyebab dari meningkatnya ISPA karena kondisi cuaca dan hal-hal lain, seperti polusi udara dari debu dan asap. Disebutkannya dalam kurun waktu dari Januari sampai Mei 2019 kasus ISPA di Kabupaten Muarojambi mengalami kenaikan.

"Tren kasus ispa ini menunjukkan peningkatan, data di Puskesmas Jambi Kecil itu Januari sampai Mei meningkat terus. Sampai dengan Mei itu jumlah kasus sebanyak 135 orang,"jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya pada bulan Januari di wilayah kerja Puskesmas Jambi Kecil jumlah kasus ispa sebanyak 91 kasus sementara untuk bulan Februari naik menjadi 96 kasus. Pada bulan berikutnya, Maret naik mencapai 123 kasus.

"Terus naik lagi nambah satu kasus jadi 124 kasus pada bulan April dan mei nambah lagi 135 kasus. Ini meningkat tapi belum bisa kita katakan KLB (red-kejadian luar biasa)," pungkasnya. (zan)

TerPopuler