Fraksi PKB Minta Bupati Memberikan Perhatian Kepada Kontraktor Lokal

Daftar Isi
NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Delapan fraksi di DPRD Muaro Jambi sampaikan pemandangan umum atas tiga ranperda yang diajukan eksekutif. Fraksi-fraksi membacakan pemandangan umum melalui juru bicaranya masing-masing pada sidang paripurna yang digelar pada Jumat sore (18/10).

Fraksi PKB, melalui juru bicaranya, Jurjani menyarankan agar Bupati Muaro Jambi, Masnah Busyro memberikan perhatian kepada kontraktor lokal. Sebab, kegiatan yang dilelang ULP Muaro Jambi didominasi dan dimenangkan kontraktor dari luar Muaro Jambi.

"Saat ini banyak pelaksanaan kegiatan yang didominasi rekanan atau pengusaha di luar Muaro Jambi, mohon hal ini diperhatikan Ibu Bupati," kata Jurjani, saat membacakan pemandangan umum fraksinya, Jumat (18/10).

Jurjani mengatakan, dominasi kontraktor luar Muaro Jambi telah membuat kontraktor lokal menjerit. Kontraktor lokal Muaro Jambi saat ini banyak yang terancam gulung tikar karena tidak berhasil memenangkan tender.

"Kenapa bisa seperti ini? Apakah karena SDM. Kalau memang iya, kami minta Bupati cari solusi dan bina rekanan lokal," ujarnya.

Fraksi PKB turut meminta Pemkab Muaro Jambi lebih kreatif menggali sumber pendapatan terutama dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu dibutuhkan kerja keras dan intensifikasi lebih dari stakeholder terkait.

"Kami menganggap perlunya dilakukan pemekaran wilayah baik desa maupun kecamatan di beberapa wilayah di Muaro Jambi. Contohnya pemekaran Kecamatan Jaluko Darat dan Laut," katanya.

Selain itu, Fraksi PKB turut mempertanyakan tentang pembangunan Gedung Olahraga (GOR) menggunakan dana pusat yang gagal didapatkan. PKB meminta penjelasan kenapa hal ini bisa terjadi.

"Kenapa Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih Rp15 milliar untuk pembangunan GOR ini gagal didapatkan," katanya.

Sementara itu, Pemkab Muaro Jambi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Moh. Fadhil Arief yang hadir pada sidang paripurna tersebut menyampaikan akan menanggapi pemandangan umum fraksi dalam paripurna selanjutnya. pungkasnya. (zan)