Sejumlah Warga Terserang Demam Berdarah, Dinkes Muarojambi Gelar Fogging -->

Advertisement

Sejumlah Warga Terserang Demam Berdarah, Dinkes Muarojambi Gelar Fogging

Friday, November 1, 2019

NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Dua warga Desa Sekernan Rt 09, Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi, positif terkena demam berdarah. Mereka terpaksa dilarikan ke rumah sakit setempat. Umumnya mereka merasakan demam selama beberapa hari serta mengeluarkan bintik merah pada beberapa bagian kulit.

"Sudah 2 orang yang terkena (demam berdarah)," kata Zulkifli, Warga Rt 09 Desa Sekernan. Jumat (01/11) pagi.

Selain Rt 09, penderita positif Demam Berdarah  juga ditemukan di Rt lain. "Penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu didapati menyerang warga RT 09 Desa Sekernan," ungkapnya.

Terpisah, Plt Dinas Kesehatan Yes Isman Menyebutkan, Masih adanya sisa genangan air hujan di sejumlah tempat diduga menjadi media perkembangbiakan nyamuk yang hidup di air jernih.

"Tempat berkembangnya nyamuk itu yang harus kita berantas dengan cara membersihkan," katanya.

Lanjutnya, Selain kegiatan PSM (pembersihan sarang nyamuk), pihaknya juga intensif melakukan fogging (pengasapan) pada beberapa wilayah yang didapati ada penderita. Hanya saja, cara ini hanya efektif membunuh nyamuk dewasa.

"Jika di suatu daerah ditemukan kasus positif DB, diasumsikan ada nyamuk yang sudah menggigit penderita dan berpotensi menularkan. Maka di radius 200 meter dilakukan fogging," pungkasnya. (zan)