Peringati HAK, Kejari Gelar Lomba Pidato Tingkat SMP se Kabupaten Muarojambi -->

Advertisement

Peringati HAK, Kejari Gelar Lomba Pidato Tingkat SMP se Kabupaten Muarojambi

Sunday, December 8, 2019

NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2019 kali ini mengambil tema "Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju" Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muarojambi, Sunanto dalam sambutannya membacakan sambutan Jaksa Agung RI, Senin (8/12).

Ia menjelaskan bahwa tema Hari Anti Korupsi ini di ambil sebagai tema yang relevan untuk semakin meneguhkan kembali komitmen dan tanggung jawab bersama. Ini di lakukan secara bersamaan dalam proses penegakan hukum pencegahan dan pemberantasan korupsi guna memajukan Indonesia.

"Momen penting ini merupakan saat yang baik untuk kita bersama melakukan introspeksi dan evaluasi, guna mendorong
perbaikan kualitas kerja kita," ujar Kajari.

Lanjutnya, bahwa berangkat dari pemahaman bahwa korupsi merupakan musuh bersama. Atas dasar itu maka sudah tentu agenda pemberantasan korupsi harus merepresentasikan upaya yang melibatkan partisipasi semua komponen bangsa. 

"Terlebih aparatur Kejaksaan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum, maka sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan moral dalam memerangi korupsi di level mana pun," ungkapnya.

Sambungnya, bahwa kejahatan korupsi diakui tidak hanya sebagai masalah yang sangat kompleks, meluas, namun juga bersifat sistemik. Katanya fakta menunjukkan, seringkali korupsi tumbuh subur, untuk itu perlu adanya upaya indentifikasi, analisa, sekaligus pemetaan. Modus operasi untuk melakukan kejahatan korupsi saat ini yang sedemikian canggih, karena telah memanfaatkan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dengan demikian kita juga harus mengikuti perkembangan jaman, mungkin itu yang perlu di pelajari kedepan sehingga kita mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan perlindungan hukum,"sebutnya.

Dalam Peringatan hari anti Korupsi sedunia ini, Kejaksaan Negeri Muarojambi melakukan berbagai rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Anti Korupsi, Senin (9/12). Selain peringatan dengan melaksanakan Upacara di lapangan Kantor Kejari Muarojambi, Kejari juga melakukan pembagian baju dan stiker anti korupsi.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Muarojambi, bahwa kegiatan pemberian baju dan stiker dilakukan sebagai bentuk sosialisasi untuk pencegahan korupsi. Pembagian baju dan stiker ini di berikan kepada pengendara yang melintas di jalur perkantoran.

"Ini sebagai bentuk sosialisasi kita dalam mencegah terjadinya korupsi. Ini kita berikan kepada pengendara yang melintas dan juga kepada siswa sekolah," ujranya.

Kegiatan yang di lakukan oleh Kejari yaitu mengadakan kegiatan pidato yang di ikuti oleh siswa sekolah SMP yang ada di Kabupaten Muarojambi. Bertemakan, berkaitan dengan hari anti korupsi.

"Tema pidato juga tidak jauh-jauh dari hari anti korupsi," pungkasnya. (zan)