-->

Iklan

Iklan

Babinsa Dampingi Petani Cek Hama Tanaman Padi

NEWSPORTAL.ID
Minggu, 23 Februari 2020, Februari 23, 2020 WIB Last Updated 2020-02-23T03:59:49Z

NEWSPORTAL.ID, MERANGIN - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Rantau Panjang Koramil 08/Tabir Serka M. Syahrul  bantu petani melakukan pengecekan tanaman padi yang kemungkinan terserang hama di areal persawahan yang berada di Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin (23/02/2020).

Babinsa mengatakan bahwa, pengecekan terhadap tanaman padi milik ibu Wati merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pengecekan hama ini dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari.

"Dengan memutus perputaran hidup gulma, maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus, serta dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi," ujar Babinsa

Menurutnya, pengecekan langsung ke lapangan dilakukan untuk mengetahui dampak serangan hama daun padi  tersebut dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktiftas padi yang menurun.

"Sebagai anggota Babinsa kita lakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga kita melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi khususnya dalam pemberantasan hama tanaman," paparnya.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik Wati anggota Kelompok Tani Dusun Mudik 1, ia menyebut pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

"Turunnya anggota Babinsa ke sawah dan langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian anggota Babinsa sebagai ujung tombak TNI di masyarakat," tandas M. Syahrul
Komentar

Tampilkan

Terkini