Pengawasan Sungai Dan Warga, Babinsa Koramil 420-05/Jangkat Naik Rakit -->

Advertisement

Pengawasan Sungai Dan Warga, Babinsa Koramil 420-05/Jangkat Naik Rakit

Iwan
Thursday, February 20, 2020


NEWSPORTAL.ID, MERANGIN - Warga Desa Lubuk Pungguk, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, masih menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai menuju lahan pertanian/perkebunan mereka.

Dua orang Babinsa Koramil 420-05/Jangkat bersama Bhabinkamtibmas Polsek Jangkat melaksanakan pemantauan kebersihan aliran Sungai Mentenang sekaligus ingin memastikan kelayakan alat penyeberangan tradisional demi keselamatan warga, Kamis (20/2/2020).

Dengan bepakaian dinas lengkap Sersan Kepala Mulyadi terlihat berusaha keras untuk mendayung rakit dengan sebilah Bambu menyusuri sungai tersebut.

Dikatakan oleh Serka Mulyadi sesampainya ditepi sungai, " warga yang bekerja sebagai petani/pekebun disekitar desa ini memang memanfaatkan rakit sebagai akses penyebrangannya. Karena untuk menyebrang aliran sungai yang terbilang cukup deras dinilai membahayakan jika tidak menggunakan alat transportasi, " pungkasnya.

" Kalau musim kemarau mungkin saja bisa menyebrang sungai tanpa menggunakan  rakit, saat ini musim hujan, aliran sungai lebih deras lagi, sehingga penting bagi Babinsa untuk melakukan pemantauan kebersihan sungai, sekaligus mengecek kelayakan rakit demi keselamatan warga, " ditambahkannya lagi.

Tempat yang berbeda, diketahui dari Marzon salah satu warga Desa Lubuk Pungguk yang memiliki lahan diseberang sungai bahwa mereka sering berjumpa dengan Babinsa di jalur penyeberangan rakit, " jangan buang sampah perkebunan di sungai ya pak, hati-hati naik rakitnya, " pesan Babinsa yang ditirukannya