Antisipasi Hama, Babinsa Bantu Petani Pasang Jaring dan Tali Pengusir Burung -->

Advertisement

Antisipasi Hama, Babinsa Bantu Petani Pasang Jaring dan Tali Pengusir Burung

Iwan
Tuesday, March 24, 2020


NEWSPORTAL.ID, SAROLANGIN - Babinsa Koramil 420-04/Sarolangun kodim 0420/Sarko Pelda Agus Sulaiman membantu petani  memasang jaring di lahan sawah milik pak Holil di Desa Pulau pinang Kelurahan Sarkam Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun,

Pemasangan  jaring dan tali pengusir Burung tersebut dipasang tepat di atas tanaman padi untuk mencegah serangan hama burung.

“ Pemasangan jaring seperti ini sudah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para petani disini, cara ini dianggap paling efektif “  kata Pelda Agus Sulaiman yang ikut membantu pemasangan jaring dan tali pengusir burung.

Pelda Agus menambahkan pemasangan jaring dan tali ini dilakukan ketika padi sudah mulai berbenih sampai dengan masa panen tiba.

“ Dimulai saat padi sudah mulai berbenih sampai tiba musim panen “ tambahanya lagi.

Sementara itu Bapak Suherman selaku ketua Gapoktan mengungkapkan bahwa untuk mencegah serangan hama burung tidak  hanya dengan menggunakan jaring saja, tetapi berbagai upaya akan dilakukan seperti mendirikan orang–orangan dan meneriaki burung yang hinggap.

“ Selain memasang jaring dan tali pengusir seperti ini, juga menggunakan cara lain seperti memasang kaleng yang mengeluarkan suara  ribut dan lainnya “ kata ketua  Gapoktan.

Selain itu Bapak Suherman juga merasa sangat senang karena dalam pelaksanaannya para petani selalu didampingi oleh bapak Babinsa semoga pendampingan ini akan terus dilaksanakan.