Babinsa Dampingi Petani panen Padi Menggunakan Mesin Mini Combine -->

Advertisement

Babinsa Dampingi Petani panen Padi Menggunakan Mesin Mini Combine

Iwan
Tuesday, March 31, 2020


NEWSPORRAL.ID, SAROLANGUN - Koramil 420-04/Sarolangun Kodim 0420/Sarko melalui Babinsa  Serda Aan Satria bersama petani  melaksanakan pendampingan panen padi menggunakan alat modern mesin pemanen padi MCH (Mini Combine Harvester)  yang dilaksanakan di sawah milik anggota Poktan Rantau Bayur Kel. Sukasari Kecamatan Sarolangun dilahan seluas 2 hektar dengan varietas padi IR42.(31/03/2020)

Kegiatan pendampingan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian upsus pajale, sebagai salah satu langkah untuk mensukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Sarolangun, khususnya di wilayah Kecamatan Sarolangun.

Babinsa Koramil 420-04/ Sarolangun Serda Aan Satria menyampaikan bahwa panen padi di areal pertanian milik anggota Poktan Rantau Bayur ini dengan menggunakan mesin modern alat pemanen padi MinibCombine Harvester, Dia berharap dengan menggunakan alat ini akan lebih efisien dan menghemat pengeluaran bagi petani dalam proses panennya sehingga diharapkan petani semakin sukses. Selain itu juga dpt meminimalkan bulir padi yang terbuang sia-sia karena padi langsung masuk ke kantong yang telah ditempatkan pada mesin panen.

"Karena bulir-bulir padi yang sudah rontok pun tidak perlu diangin - anginkan lagi dan tidak perlu menghabiskan waktu selama berhari-hari untuk memanen," katanya.

"Hal itu dapat meningkatkan hasil panen dan taraf hidup serta kesejahteraan para petani. Kecepatan kerja mesin sangat bergantung pada kondisi sawah, jika alat ini bekerja di bentangan sawah yang kering, kecepatannya akan lebih tinggi lagi, begitu juga sebaliknya," katanya.

Dari sisi operasional, kata dia, mesin mudah dijalankan dan tidak diperlukan keahlian khusus. Kalau operator sudah bisa menjalankan, maka dia tidak akan kesulitan mengoperasikan mesin tersebut