-->

Iklan

Iklan

Babinsa Sarolangun Bantu Petani Bersihkan Gulma Penganggu Padi

NEWSPORTAL.ID
Sabtu, 28 Maret 2020, Maret 28, 2020 WIB Last Updated 2020-03-28T04:18:56Z

NEWSPORTAL.ID, SAROLANGUN - Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pada tanaman padi, gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut " jawan padi". Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.

Babinsa Koramil 0420-04/Sarolangun Kodim 0420 Sarko Koptu Sugiono, membantu petani membersihkan gulma di lahan persawahan padi milik Bapak Khadirin, warga Desa Penarun, Kecamatan Batin VIII Kabupaten Sarolangun.

Koptu Sugiono mengungkapkan gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang bsik dalam tanaman padi sawah.

Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

Penyiangan dengan alat (landak) di beberapa tempat masih di gunakan walaupun cara penggunaan alat ini sudah banyak ditinggalkan karena memerlukan banyak tenaga.

Mengingat cara kerjanya yang sederhana sebagian masyarakat masih tetap menggunakanya, untuk itu Babinsa Koptu Sugiono, memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaannya untuk lebih rutin dalam merawat dan memelihara tanaman padi, termasuk dalam mengendalikan gulma secara modern.

Khadirin pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih,berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa terlaksana dengan bsik, ungkapnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini