DPRD Muarojambi Pinta Pemkab Muarojambi Percepat Upadate DTKS -->

Advertisement

DPRD Muarojambi Pinta Pemkab Muarojambi Percepat Upadate DTKS

Tuesday, April 28, 2020

NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Dinilai tidak pernah malakukan update Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Panitia kerja (Panja) DPRD Kabupaten Muarojambi dalam rangka pengawasan terhadap pendataan dan penyaluran dana bencana akibat covid-19 dan bansos kepada masyarakat. Mendesak Pemkab Muarojambi untuk segera melakuka perapian Data DTKS yang ada di Kabupaten Muarojambi.

Hal ini disampaikan oleh Panja Covid-19 dan Bansos DPRD Muarojambi Ketika menggelar rapat bersama sekda Kabupaten Muarojambi M. Fadhil Arief di ruang rapat gabungan gedung DPRD Muarojambi Selasa (28/04/20).

Menurut Usman Khalik salah seorang anggota dewan DPRD Muarojambi yang juga menjabat sebagai ketua Panja pengawasan covid-19 dan pendataan bansos untuk Kabupaten Muarojambi mengatakan, jika DTKS ini tidak valid maka masyarakat Kabupaten Muarojambi sebagai penerima BPJS geratis, siap-siap di bulan Mei 2020 nanti akan ada 35.000 orang yg akan di hapus. Karena namanya tidak ada lagi dalam DTKS. "Akibat tidak di update nya data DTKS masyarakat," ujarnya.

Selain itu Usman memaparkan, selama adanya pandemik covid-19 ini Pemkab Muarojambi akan menyalurkan dana Bansos dari Kementrian Sosial, kepada 9.801 Kepala Keluarga (KK) sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan selama 3 bulan melaui program PKH yang sudah menyasar kepada 9.029 orang di Kabupaten Muarojambi, yang rutin menerima setiap bulannya, kemudian ada juga bantuan sembako kepada 13.556 KK, dan bantuan dari Dana Desa kepada 19,626 KK senilai 35 Milyar.

Sementara Pemkab Muarojambi sendiri juga sudah menganggarkan dana bantuan sebesar Rp. 17 Milyar yang nantinya akan diberikan berupa sembako ataupun BLT kepada 15.656 KK, Dan menggratiskan pembayaran PDAM golongan Ia, Ib, IIa, dan IIb, yang pemakaian nya dibawah 30M³. "Serta memberikan relaksasi terhadap kelonggaran pajak restoran dan rumah makan selama 3 bulan," pungkasnya. (zan)