Bantuan Sembako Di Level RT Belum Merata Bantuan 600 Ribu Perbulan Belum Diterima -->

Advertisement

Bantuan Sembako Di Level RT Belum Merata Bantuan 600 Ribu Perbulan Belum Diterima

Tuesday, May 5, 2020


NEWSPORTAL.id, Jambi - Bantuan sembako untuk warga terdampak covid-19 di Kota Jambi belum tersalurkan secara merata, Pasalnya di level RT hingga kini (5/5) ada yang baru satu kali menerima dan ada yang sudah dua kali. Itupun, Secara jumlah juga belum sesuai dari yang diusulkan oleh masing-masing RT sehingga menuai kecurigaan warga.

“Kalau di RT saya perhari ini (5/5) baru satu kali menerima paket sembako yaitu sebanyak 7 bungkus. Isi perbungkusnya beras 5 kg, 1 bungkus minyak makan, tepung 1 bungkus, 1 bungkus gula, 10 bungkus mie dan 2 kaleng sarden” ujar Tawaf Ali, Ketua RT 35 Kel. Kenali Besar, Kota Jambi, Saat dihubungi hari ini (5/5/2020).

Menurut info yang ia terima, Minggu ini di RT nya mendapat sembako lagi sebanyak 10 bungkus yang mana ini bantuan sembako tahap ketiga. Namun di RT nya baru dua kali menerima yaitu untuk tahap 1 dan tahap III sementara untuk tahap II di RT nya tidak menerima sama sekali.

“Di kelurahan kami untuk tiap tahap ada RT yang menerima ada yang tidak, Misalnya di RT saya tahap I terima 7 bungkus, tahap II kosong dan tahap III ini katanya dapat 10 bungkus, dan ini rencananya nanti mau diambil di kantor kelurahan” ujarnya menambahkan.  

Hal yang sama juga terjadi pada RT.55 Kelurahan Jelutung, Kota Jambi.

Menurut warga setempat di RT nya sejauh ini baru menerima satu kali paket sembako sebanyak 8 bungkus. 

“Katanya yang diusulkan oleh RT ada 40an KK namun yang diterima baru 8 bungkus”ujar Kadir yang bertanya ke warga setempat. 

Sementara itu, Terkait penyaluran bansos di tingkat Desa, Media ini juga menanyakan ke kepala desa yang ada di tingkat kabupaten yakni kabupaten Muaro Jambi. 

Menurut Budi, Kepala Desa Seponjen Kec. Kumpeh Kab. Muaro Jambi, hingga kini saluran dana bansos baik dari pusat, provinsi dan kabupaten yang nilainya Rp600/bulan belum mereka terima sama sekali.

“Sampe hari ini untuk yang dari provinsi arahannyo jugo belum ado, Kalau dari kabupaten sudah input data namun realisasi dilapangan jugo belum,”ujarnya ketika ditanyakan media ini (5/5/2020). 

Budi juga menjawab belum tau kapan bansos tersebut akan disalurkan ketika itu ditanyakan.

Sementara itu, Bappeda Provinsi Jambi melalui akun resminya hari ini (5/5) merilis informasi bahwa Pemerintah Prov. Jambi telah mengalokasian bantuan dana untuk 30.000 KK di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi yang terdampak Covid-19.  

“Bantuan yang diterima oleh setiap KK yakni Rp 600.000 yang diperoleh setiap bulan, pada Mei, Juni, dan Juli 2020.  Bantuan Rp 600.000 terdiri dari paket sembako dan uang tunai Rp 250.000.” Tulis Ketua Bappeda Prov. Jambi, DR. Donny Iskandar, M.T. pada akun tersebut.

“Pemberian Jaring Pengaman Sosial (JPS) diharap merata.  Dimana tiap daerah diberikan kuota bantuan, sesuai banyak atau sedikit yang masuk dalam kriteria.”ujarnya. (red/wil)