Dandim 0420/Sarko Hadiri Peringatan Hari Paramuka Ke 59 Tahun 2020 Di Kwartir Cabang Sarolangun -->

Advertisement

Dandim 0420/Sarko Hadiri Peringatan Hari Paramuka Ke 59 Tahun 2020 Di Kwartir Cabang Sarolangun

Iwan
Tuesday, September 22, 2020


 

NEWSPORTAL.ID, SAROLANGUN - Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han. hadiri peringatan hari Pramuka Ke 59 yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Sarolangun, Selasa(22/9/2020).


Peringatan berlangsung di Kawasan Terpadu Suku Anak Dalam (SAD) Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun yang dihadiri Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri, Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun Tantowi Jauhari, Sekertaris Kwarda Provinsi Jambi, Kepala Dinas/Instansi, para Camat Se-Kabupaten Sarolangun dan undangan lainnya.


Pertama kali hari Pramuka diperingati yaitu pada tanggal 14 Agustus 1961, untuk tahun ini tema hari Pramuka adalah "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan

Bencana Covid-19 Dan Bela Negara", tutur Wakil Bupati membacakan sambutan resmi dari Kepala Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.


Lanjutnya tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan Pramuka pada tahun 2020 ini, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan diseluruh dunia.


Gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu, bahkan gerakan kepramukaan di dunia dimulai sudah lebih dari 110 tahun yang lalu, gerakan ini adalah merupakan suatu organisasi pendidikan oleh sebab Itu, nama lengkap organisasi ini adalah gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana, yang merupakan suatu organisasi pendidikan nonfromal, untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal di Institusi- Institusi pendidikan formal.


Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang focus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, gerakan Pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan sumber daya masyarakat. 


Hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan gerakan Pramuka, berupa Dwi Satya dan Tri Satya, serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka, yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para Pramuka agar dapat "menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.


Kegiatan bakti sosial yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa,

berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin peduli, menjunjung tinggi iilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader

bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD1945. 


Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati berpengertian bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik, "pungkas Wabup mengakhiri sambutan.



Disela-sela kegaitan tersebut juga di adakan kegiatan social yaitu pembagian sembako untuk masyarakat sekitar tempat di adakannya penyelenggaraan memperingati hari jadi pramuka tahun ini.(mcdim0420sarko).