-->

Iklan

Iklan

Dandim 0420/Sarko Hadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Merangin

NEWSPORTAL.ID
Selasa, 29 September 2020, September 29, 2020 WIB Last Updated 2020-09-29T07:45:45Z


 

NEWSPORTAL.ID, MERANGIN - Guna mencegah dan penanganan Covid-19 yang saat ini kembali meningkat di beberapa daerah, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merangin gelar Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19  Kabupaten Merangin di ruang Pola II Kantor Bupati Merangin,Selasa(29/9/2020).


Rapat dipimpin Plt. Bupati Merangin H. Mashuri, S.Pd., MM. yang didampingi Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy P. S.I.K., Kajari Merangin Martha Parulina Berliana, S.H., M.H. yang juga dihadiri  Pj Sekda Kab Merangin H. Hendri Maidalef, S.Sos., Wadanyon B Pelopor Satbrimobda Jambi AKP Ginda Silalahi dan Seluruh Kepala OPD dilingkup Pemkab Merangin yang tergabung dalam tugas Gugus Tugas Covid 19 Kab Merangin.


Plt Bupati Merangin dalam sambutannya menyampaikan saat ini Provinsi Jambi berada dalam zona kuning, dan Kab Merangin masih dalam zona Hijau, untuk itu hari ini dimulai membuka belajar tatap muka di sekolah dasar yaitu kelas IV, V dan VI sementara untuk kelas I,II dan III masih belajar dari rumah.


Lebih lanjut Plt Bupati meminta dihidupkan kembali Posko Covid 19 di setiap perbatasan atau pintu masuk ke Kabupaten Merangin, mulai dari tingkat Kabupaten Sampai dengan tingkat Desa.


Untuk rekam jejak Alm Thamrin warga Pematang Kandis yang diduga Positif Covid 19 meninggal di RSU Hanafie Bungo mulai dari hari ini sudah dilakukan penjajakan kontak langsung dengan Alm maupun keluarga Alm, "terang H. Mashuri.


Sementara itu Kapolres Merangin menyampaikan Tim Gabungan TNI/Polri Satpol PP Kab Merangin beserta Tim Gugus Tugas Covid 19 telah melaksanakan Operasi Yustisi selama 2 Minggu terakhir, dan mengusulkan aktifkan kembali pemberkaluan jam malam.


"Kami harapkan kegiatan keramaian wajib menggunakan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, memakai masker, jaga jarak dan memeriksa suhu tubuh, dan kepada Tim Gugus agar mengecek setiap kegiatan keramaian apakah memang sudah menggunakan Protokol kesehatan atau belum", harap Kapolres.


Di kesempatan tersebut Dandim 0420/Sarko juga menyampaikan di masa Pandemi Covid 19  kegiatan perekonomian masih berjalan seperti biasa, namun lemahnya kesadaran masyarakat menggunakan masker, serta banyaknya kegiatan yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan.


"Saya menyarankan kembali yaitu pencegahan penyebaran Civid 19 dengan cara penyemprotan desinfektan kembali di setiap tempat pelayanan publik", saran Dandim.


Lebih lanjut Dandim mengutarakan Perda No 63 Tahun 2020 yang telah dijalani, untuk itu kita harus memberikan tindakan tegas kepada pelanggar protokol kesehatan, agar ada efek jera, "lanjutnya.


Mari kita aktifkan kembali posko perbatasan, karena akhir akhir ini, setiap warga Kab Merangin yang reaktif semuanya memiliki riwayat perjalanan luar daerah.


Kita juga harus menyiapkan Tim Pemulasaran Jenazah dan tempat pemakaman khusus untuk pasien Covid 19, " pungkas Dandim


Sementara Kajari Merangin mengajak kepada Kepala OPD agar bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing.


"Saya engapresiasi kerja gugus tugas Kab Merangin selama ini, namun untuk saat ini harus kita tingkatkan lagi.


Untuk setiap kegiatan hajatan atau keramaian agar selalu menggunakan Protokol Kesehatan, diharapkan kepada Tim Gugus tugas agar slalu Standby untuk mengecek setiap tamu yang datang.


Mengakhiri rapat Pj Sekda Kab Merangin menyampaikan notulen hasil rapat yaitu walaupun Kab Merangin sekarang berada dalam Zona hijau ini bukan tolak ukur kita selama pandemi Covid 19 ini, kita akan mengaktifkan kembali semua posko diperbatasan maupun Sekretaris Gugus Tugas Covid 19 Kab Merangin.


Setiap kegiatan keramaian diharapkan agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan selama Pandemi Covid 19 ini.


TPU Covid 19 berada di Desa Sungai Ulak, akses jalan lewat disamping TMP Patriot Bhakti kebelakang.


"Kita akan membuat surat edaran Kepada Camat dalam Kab Merangin agar mengaktifkan kembali posko di Kecamatan, untuk pemberlakuan jam malam di wilayah Kab Merangin nanti akan dijadikan bahan masukan untuk kami kedepannya, "pungkas Pj Sekda. (mcdim0420sarko)

Komentar

Tampilkan

Terkini