-->

Iklan

Iklan

Polres Muarojambi Amankan BBM Ilegal

Senin, 26 Oktober 2020, Oktober 26, 2020 WIB Last Updated 2020-10-27T01:31:10Z

 


NEWSPORTAL.id, Muarojambi -Mobil membawa Bahan Bakar Minyak (BBM) dari hasil penyulingan ilegal driling diduga berasal dari Kabupaten Batanghari berhasil diamankan oleh Polres Muarojambi pada Jumat (23/10/2020). 


Selain mengamankan dua unit mobil berisi ribuan liter BBM ilegal tersebut, polisi juga mengamankan dua orang pelaku penyeludupan. 

Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto mengatakan kedua pelaku penyeludupan BBM ilegal tersebut saat ini mendekam di sel Mapolres Muarojambi.

"Masing-masing tersangka menggunakan mobil jenis Mitsubishi pikup dengan nomor polisi BG 9007 T, dan truk hino dengan nomor polisi BG 8533 CD, untuk mobil pickup diketahui mengangkut 1.400 liter minyak mentah, sementara truk hino mengangkut 6.000 liter minyak mentah,"jelasnya

Saat diketahui satu orang sopir truk hino bernama Muslihan (42) warga Tempino, Mestong, Muarojambi hanya sebagai pengangkut, dan satu orang lagi Halawani (41) warga Tanjug Batu, Ogan Ilir Sumsel merupakan sopir sekaligus pengepul dan pemilik mobil pikup. 

Ia juga mengatakan kedua pelaku saat diamankan oleh anggota polres Muarojambi tak berkutik saat ditangkap. 


"Kedua pelaku mengaku bahwa ribuan liter minyak mentah itu akan di bawa dan diolah ke Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, "kata Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto saat gelar pres release pada Senin (26/10/2020). 

Ia juga menjelaskan ilegal driling ini merupakan musuh bersama, karena selain merugikan keuangan negara, namun juga merusak lingkungan. 

"Sekarang kedua pelaku sudah kita ditetapkan sebagai tersangka, kini kedua pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Muarojambi, guna untuk penyidikan lebih lanjut," ujarnya. 

Terhadap kedua pelaku dikenakan Pasal 53 UU RI Nomor 22 tahun 2001 tentang migas, atau pasal 480 KUH pidana dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara, dan denda maksimal 40 miliar rupiah.(zan)
Komentar

Tampilkan

Terkini