Dandim 0420/Sarko Hadiri Forum Group Diskussion Terkait Penanganan PETI

Daftar Isi


 NEWSPORTAL.ID, MERANGIN - Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., hadiri Forum Group Diskussion (FGD) bersama Forkopimda Kabupaten Merangin, Pejabat/Kepala OPD terkait, Unsur/elemen, Lembaga/Organisasi Masyarakat dalam Kabupaten Merangin guna menyatukan persepsi dan pandangan dalam rangka penanganan PETI di wilayah Kabupaten Merangin.


Diskusi digelar di Aula Polres Merangin, mengambil tema Mengurai dan Merumuskan Solusi Terhadap Penanganan dan Dampak Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Wilayah Kabupaten Merangin.Kamis(14/1/2021).


Turut hadir dalam diskusi  tersebut antara lain Bupati Merangin Dr. H Al-Haris, S.Sos, MH., Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan , S.I.K., Ketua DPRD Kabupaten Merangin Herman Effendi, ST. MM., Kajari Merangin Martha Parulina Berliana, SH.MH., Ketua Apdesi Kabupaten Merangin Abu Bakar (Acang), Ketua MUI Merangin Dr. H. Joni Musa Lc. M.A, Ketua IWO Merangin Kholil dan Peserta undangan lainnya.


Forum diskusi ini digelar melaui sambungan virtual dengan nara sumber Irjen Pol. A. Rahmad Wibowo (Kapolda Jambi), Prof Elita Rahmi (Ahli Hukum Lingkungan), Rudiansyah (Direktur Eksekutif Walhi Jambi) dan Sigit Eko Yuwono (Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Jambi).


Diharapkan melalui FGD ini, dapat merumuskan dan mengambil langkah-langkah solusi terbaik terhadap persoalan PETI di Merangin.


Bupati Merangin Al Haris menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan dan akan terus mengupayakannya. Mulai dari sosialisasi, komitmen Kades dengan fakta integritas menolak PETI disemua desa hingga melakukan operasi.


Upaya yang telah kita lakukan untuk mengatasi PETI ini masih terkendala. Bahkan kita pernah dibenturkan dengan masyarakat" sebut Al Haris.


Kedepan, lanjut Al Haris nantinya harus ada regulasi yang mengatur bagaimana ini bisa menjadi pertambangan rakyat.


"Saya sepakat bersama Kapolres dan Dandim sepanjang aktivitas pertambangan merusak lingkungan perlu kita ambil langkah-langkah penanganan," tambahnya


Usai diskusi dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama atasi PETI di wilayah Kabupaten Merangin. (one)