Kreatif, Kampung Narkoba Dirubah Menjadi Kota Wisata

Kreatif, Kampung Narkoba Dirubah Menjadi Kota Wisata

Sunday, October 21, 2018, October 21, 2018

NEWSPORTAL.id - Rasa gembira tampak terpancar dari wajah Rinto Ketua Karang Taruna Bungkal, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi saat menyambut ratusan masyarakat yang berkunjung ke wisata Alam Lubuk Tembesu di kelurahan tersebut, Minggu (21/10/2018).

Betapa tidak, impian dia ingin merubah imet pemuda Bungkal yang selama ini dikenal suka mabuk-mabukan menjadi pemuda kreatif mulai tercapai.

Tidak itu saja, imet Bungkal yang sslama ini dikenal dengan kampung Narkoba, juga mulai berubah menjadi Bungkal kota wisata.

“Alhamdulillah, dulu pemuda disini (Bungkal) sukanya ngumpul dan mabuk-mabukan, sekarang sudah tidak ada lagi. Pemuda disini sudah fokus ngelola wisata ini. Jadi ndak punya waktu lagi tuk mengerjakan hal yang tidak-tidak, “kata Rinto.

Rinto menjelaskan bahwa Wisata Alam Lubuk Tembesu merupakan wisata yang menyajikan puluhan pohon tembesu.

Areal wisata ini diperkirakan seluas 2 Ha yang dahulu adalah lahan tidur milik warga setempat.

Atas kerjasama dan kerja keras pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna Bungkal, serta dibantu oleh mahasiswa KKN UIN STS Jambi dan masyarakat sekitar, akhirnya secara swadaya area tersebut dikelola menjadi Wisata Alam Lubuk Tembesu.

Mulai dari membersihkan belukar, menyusun serta menata ranting dan batang pohon yang telah tumbang, serta membuat jembatan alternatif menuju lokasi wisata ini, pemuda dan pemudi Bungkal beserta mahasiswa kukerta bergotongroyong setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pohon tembesu, lanjut Rinto menjelaskan, merupakan salah satu pohon khas Kabupaten Tebo yang keberadaannya saat ini sudah mulai punah.

Pohon yang biasanya diolah menjadi papan ini, biasanya digunakan untuk membuat mebel atau furniture.

Wisata yang lokasinya berada di jantung Kota Tebo ini, Minggu sore (21/10) secara resmi dibuka untuk umum.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Tebo yang didampingi oleh Wakapolres Tebo Kompol Yhuda Pratama, Danramil 416-05 Muara Tebo, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Tampak ratusan masyarakat berbondong-bondong berdatangan menyaksikan untuk menyaksikan peresmian Wisata yang penuh eksotik ini.

“Kedepanya kita ingin membuat rumah pohon, gazipo, WC umum dan wahana permainan anak-anak. Nanti perlahan akan kita guyur, “kata Rinto.

“Saya berharap wisata Alam Lubuk Tembesu ini bisa terus berkembang. Tentunya bisa menjadi peluang kerja bagi pemuda dan masyarakat disini,”harapnya.

Wakapolres Tebo, Kompol Yhuda Pratama mengaku salut dengan wisata hasil kreatifitas Karang Taruna Bungkal seluas 2 Ha ini.

Inisiator terbentuk Tebo Top Comunity yang anggotanya adalah perkumpulan dari komunitas yang ada di wilayah Tebo, berharap kedepanya wisata Lubuk Tembesu bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat Tebo maupun sekitarnya.

“Saya lihat ini sangat bagus sekali kedepanya. Terus kembangkan potensi ini. Mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi ikon wisata Tebo, “pesan Wakapolres.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Tebo, Mardiansyah mengungkapkan jika wisata Alam Lubuk Tembesu merupakan hasil kreatifitas pemuda kreatif, dan ini menjadi inisiator pergerakan wisata di Tebo. Menurut dia, dengan adanya wahana wisata baru ini dapat membantu pemerintahan dalam peningkatan PAD.

Jelas Mardiansyah, Kabupaten Tebo telah memiliki ikon wisata yakni Tanggo Rajo dan Danau Sigombak. Dengan adanya wisata Alam Lubuk Tembesu ini, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Tebo.

“Saat ini lagi trend wisata alam dan ini sudah dilakukan oleh pemuda dan pemudi di Bungkal. Tinggal lagi peningkatan pembenahan dan penataan yang akan mempercantik potensi wisata ini,”kata Mardiansyah.

“Salut. Saya sangat salut dengan kreatifitas karang taruna Bungkal yang telah membuka wisata Lubuk Tembesu, “kata dia lagi.

Mardiansyah minta segera dibentuk kelompok sadar wisata yang akan mengelola dan mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Tebo.

Kelompok ini yang nantinya akan dibina dan difasilitasi untuk mengembangkan wisata yang ada. “Diharapkan kelompok sadar wisata nantinya mampu membawa perubahan positif ke tempat wisata ini,”tutup dia. (p01)

TerPopuler