Babinsa Koramil Muara Limun Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir -->

Advertisement

Babinsa Koramil Muara Limun Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Iwan
Monday, February 3, 2020


NEWSPORTAL.ID, Sarolangun - Akibat curah hujan tinggi mengakibatkan meluapnya sungai Batang Tembesi Kabupaten Sarolangun yang terdampak di beberapa Desa Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun. Senin (03/02/2020).

Dalam tanggap bencana, Babinsa Koramil 420-02/Muara Limun bersama instansi terkait dibantu masyarakat lakukan bantuan kemanusiaan terhadap warga terdampak banjir.

Dikatakan Pelda Sohirun banjir masuk ke pemukiman warga terjadi pukul 11.30  Wib akibat meluapnya sungai Batang Tembesi di Desa Demang, Pulau Pandan, Muara Limun Kecamatan Limun akibat curah hujan tinggi. 

"Akibat curah hujan sungai Batang Tembesi meluap dan mengenangi beberapa rumah warga dengan ketinggian air bervariasi antara 10 cm s/d 50 cm, " kata Sohirun.

Lebih lanjut Desa Rantau Pandan yang terdampak banjir di RT. 2, 6, 7,  sedangkan Desa Muara Limun di RT 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Akibat kejadian tersebut
Jalan Provinsi yang menghubung antar Desa Pulau Pandan menuju ke Kecamatan Cerminan Gedang dan Kecamatan Batang Asai sepanjang 400 m terendam banjir dengan ketinggian 60 cm yngg mengakibatkan jalur terputus dan transportasi lumpuh total.

Saat ini air mulai surut, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut namun terdapat lebih kurang 150 kendaraan roda empat dan roda dua terndam banjir.

Sebagai upaya tanggap bencana, Babinsa Koramil Limun beserta instansi terkait melaksanakan evakuasi terhadap beberapa materil yang terendam banjir.

"Dalam tanggap bencana ini kita berkoordinasi dengan instansi terkait lakukan perbantuan dan evakuasi beberapa materil warga ketempat yang aman, "ungkapnya lagi.

Mengingat wilayah Sarolangun secara geografis khususnya di wilayah pemukiman yang berada di dataran rendah yang berdekatan bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan..

"Diharapkan warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) lebih tingkatkan kewaspadaan,  sebab kedepan jurah hujan diprediksi masih tinggi dan selalu berkordinasi dengan aparat guna antisipasi, "pungkas Babinsa.