Babinsa Motivasi Warga Desa di Sektor Pertanian Untuk meningkatkan Ketahanan Pangan -->

Advertisement

Babinsa Motivasi Warga Desa di Sektor Pertanian Untuk meningkatkan Ketahanan Pangan

Iwan
Monday, September 28, 2020


 

NEWSPORTAL.ID, SAROLANGUN - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 420-04/Sarolangun Kodim 0420/Sarko Peltu M.Situmorang terus melakukan pendekatan dengan mengajak masayarakat meningkatkan cadangan pangan terutama dibidang sektor pertanian. Kegiatan dilakukan di Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun.(28/09/2020)

Dalam kegiatan tersebut di Desa Ladang Panjang, Babinsa dan petani melakukan dengan meninjau lahan singkong yang sudah di tanam beberapa bulan yang lalu.

Dalam peninjauan itu, Peltu M.Situmorang menilai potensi di wilayah ini sangat mendukung untuk bercocok tanam baik tanaman padi, jagung dan kedelai (pajale). Terlebih disaat situasi sekarang ini, dimana masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi ini, kita harus mampu menciptakan dan meningkatkan ketahanan cadangan pangan kita sendiri, sehingga kondisi perokonomian masyarakat diwilayah kita tetap stabil," kata Peltu M. Situmorang.

Untuk itu, Babinsa mengajak masayarakat meningkatkan pemanfaatan lahan pertanian diwilayah ini semaksimal mungkin apalagi lahan-lahan yang masih kosong atau lahan tidur agar diproduktifkan kembali.

Selain itu juga, Babinsa mengingatkan dan menghimbau kepada kepala desa dan warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Ia meminta untuk tidak semena-mena membakar hutan.

"Kita tidak boleh keluar dari peraturan perundang - undangan di pemerintahan kita terkait pembakaran hutan dan lahan. Mari kita galakkan sektor pertanian kita dengan tetap menjaga kelestarian hutan kita," pungkasnya. (mcdim0420sarko).