Menjalin Silaturrahmi, Warga Desa Suak Putat lakukan Ziarah Kubur Bersama

 


NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Tradisi Menjelang Bulan suci Ramadhan tahun 2021 atau 1442 hijriah, Warga Desa Suak Putat Kecamatan Sekernan kabupaten Muarojambi Melakukan Ziarah Kubur Bersama sambil mendengarkan tausiyah dari penceramah dan menggelar doa bersama bagi sanak keluarga yang telah meninggal dunia, Sabtu (10/04).


Santoso kepala Desa Suak Putat Menyebutkan, Tradisi ini baru dilakukan dalam tiga tahun terakhir selama pemerintahan nya memimpin Desa Suak Putat Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi, menurut nya kegiatan ini merupakan tradisi yang baik bagi masyarakat dalam menjalin Silaturahmi serta menjadi momentum untuk berziarah ke makam keluarga yang telah meninggal dunia.


"Alhamdulillah masyarakat sangat mendukung kegiatan ini, ini tahun ketiga kita melakukan kegiatan ziarah kubur di Desa Suak Putat, diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi dan mengingatkan akan kematian seperti yang disampaikan Rasulullah Saw dalam hadits nya yang menyebutkan Dahulu Saya melarang kalian menziarahi kuburan, sekarang berziarah lah kalian kekuburan. Artinya ziarah lah kalian kekuburan sesungguhnya ziarah kubur itu mengingatkan kematian," ungkapnya sambil mengutip Hadits nabi Muhammad Saw.

Selain itu, Dia menyebut Selain Melakukan doa bersama, dan mendengarkan tausiyah dari penceramah masyarakat juga melakukan menggelar makan bersama dengan membawa bekal dari rumah masing-masing, sehingga rasa kebersamaan menjelang bulan suci Ramadhan makin terasa.


"Dengan demikian rasa persaudaraan dan persatuan ditengah masyarakat menjadi makin baik dan lebih terasa terutama sebelum bulan suci Ramadhan datang, dan memberikan rasa kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan,"pungkasnya.(zan)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Terkini