-->

Iklan

Iklan

Antisipasi Karhutla, Bambang Ajak Semua Pihak Saling Sinergi

NEWSPORTAL.ID
Senin, 14 Mei 2018, Mei 14, 2018 WIB Last Updated 2018-05-14T11:40:08Z
NEWSPORTAL.id - MUAROJAMBI, Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno mengajak seluruh unsur baik pemerintah, swasta maupun masyarakat agar bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pemimpin apel siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Senin, (14/5/2018), di lapangan kantor Bupati Muarojambi.

Pelaksanaan apel siaga karhutla ini turut dihadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi, M Zakir, Kapolres Muarojambi, Mardiono, serta OPD di lingkup pemerintah Kab. Muarojambi.

Selain itu, hadir pimpinan perusahaan mitra dibidang kehutanan dan perkebunan dalam Kab. Muarojambi, Pol PP dan unsur Forkompimda.

Bambang mengatakan bahwa berdasarkan laporan Posko penanggulangan bencana BPBD Kabupaten Muarojambi, pada bulan Mei 2018 terdapat dua hotspot di Kabupaten Muarojambi.

Dengan demikian, Ia menjelaskan bahwa perlu adanya langkah-langkah nyata dari semua stakeholder untuk melakukan upaya pencegahan.

"Langkah nyata dimaksud dengan melakukan upaya atau pencegahan preventif melalui penyuluhan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," ujarnya

Selain itu, ia juga menyampaikan kepada pihak swasta khususnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dan beroperasi di Kabupaten Muarojambi agar berpartisipasi aktif. Selain itu, perusahaan juga diharapkan untuk turut serta memberikan kontribusi dalam menangani kebakaran hutan dan lahan.

"Perusahaan harus juga memiliki sarana dan prasarana penanggulangan lebakaran hutan dan lahan serta menyiapkan SDM untuk melakukan penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan," sampainya

Lanjutnya, bahwa penanggulangan karhutla tidak dilakukan sendiri-sendiri melainkan harus dilakukan secara bersinergi. Oleh karena itu, semua elemen tetap secara terus menerus melakukan kegiatan meningkatkan koordinasi dan melakukan sosialisasi pada masyarakat.

"Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah, swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan," pintanya.

Bambang juga sempat memantau kesiapan para petugas siaga karhutla dengan mengunjungi barisan apel dari gabungan petugas siaga karhutla. (P01/zan)
Komentar

Tampilkan

Terkini