Kembangkan Olahan Buah Naga Menjadi Produk Unggulan

Kembangkan Olahan Buah Naga Menjadi Produk Unggulan

Sunday, May 6, 2018, May 06, 2018
Soleh, Kepala Perindag Naker Kabupaten Tebo 
NEWSPORTAL.id - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenaga Kerjaan (Disperindag Naker) Kabupaten Tebo, saat ini tengah mengembangkan produk olahan buah naga.

Produk ini nantinya bakal menjadi salah satu produk unggulan Tebo yang penuh dengan inovasi. Hal ini dikatakan langsung oleh Soleh Kepala Disperindag Naker Tebo.

“Kita tangah mengembangkan produk olahan buah naga,”ujar Soleh pada NEWSPORTAL.id, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, selama ini buah naga hanya diolah menjadi jus. Sementara, menurut pengamatan dia, buah naga bisa diolah menjadi berbagai produk olahan diantaranya, dodol buah naga, agar-agar, kripik, sirup dan lain sebagainya.

“Jadi banyak yang bisa diolah dengan bahan baku buah naga, “kata dia.

Untuk pengembangan prodak ini, lanjut Soleh, tentunya harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketersediaan bahan baku yakni buah naga.

Untuk SDM, Soleh mengaku sudah beberapa kali membuat pelatihan kepada para pelaku usaha. Sedangkan terkait ketersediaan bahan baku, dirinya juga bakal berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo.

“Mudah-mudahan ini bisa dikembangkan dan kedepannya bisa menjadi salah satu prodak unggulan Kabupaten Tebo, “harapnya.

Terakhir, Soleh berharap, selain menjadikan salah satu prodak unggulan, olahan buah naga ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. “Jika ini dikembangkan, tentu ekonomi masyarakat kita meningkat,”tutupnya. (P01)

TerPopuler