Masuk DPT, 425 Jiwa SAD di Tanah Garo Bakal Ikut Pemilu 2019

Masuk DPT, 425 Jiwa SAD di Tanah Garo Bakal Ikut Pemilu 2019

Friday, October 19, 2018, October 19, 2018
PHOTO : Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Pemilih Tetap (DPT) Suku Anak Dalam (SAD) Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir. (Dok Jois Erna PPK Muara Tabir)

NEWSPORTAL.id, TEBO - Sekitar 425 jiwa Suku Anak Dalam (SAD) yang berdomisili di Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Jambi, bakal ikut pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Pasalnya, mereka telah terdata dan masuk kedalam Dafrar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini dikatakan oleh Pendamping SAD Tanah Garo, Yarani, Jumat (19/10/2018).

“Sudah saya konfirmasi sama Temenggungnya. Juga sudah saya tanya sama Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Muara Tabir, ada 425 jiwa SAD yang masuk dalam DPT, “ungkap Yarani.

Yang menjadi persoalan kata Yarani, dari jumlah tersebut masih banyak yang belum memiliki KK dan KTP. Untuk itu dia berharap kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo agar bisa melakukan perekaman data kependudukan terhadap warga SAD tersebut. “Petugas Disdukcapil harus turun langsung melakukan perekaman. Pasalnya kalau warga SAD yang ke kantor Disdukcapil dak mungkin. Selain jauh, mereka juga tidak punya biaya untuk kesana, “ucap Yarani.

Pernyataan Yarani ini dibenarkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Tabir, Jois Erna. Dia menjelaskan, dari 425 jiwa SAD tersebut tersebar di 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir.

“Dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit), ada 425 jiwa SAD Tanah Garo sudah masuk DPT yang tersebar di 6 TPS di Desa Tanah Garo,”katanya.

Jois juga mengaku jika sebagian besar dari SAD tersebut belum memiliki KTP. Dan hal itu sudah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tebo. “Itu sudah saya sampaikan ke KPU, dan KPU juga sudah menyaksikan ke Disdukcapil Tebo,”ungkapnya.

Diakui Jois, dari hasil pengecekan ada penambahan 11 jiwa SAD Tanah Garo yang bakal dimasukan kedalam DPT, “Rencananya hari Senin besok 11 jiwa SAD ini akan kita laporkan ke KPU untuk dimasukan kedalam DPT,”tutupnya.

Kepala Disdukcapil Tebo, Prayitno dikonfirmasi media mengatakan siap melakukan perekaman data kependudukan SAD di desa Tanah Garo. “Kita siap turun kesana. Tolong saja difasilitasi dan atur waktunya,”kata Prayitno.

Diakui Prayitno, sebelumnya pihaknya telah melakukan perekaman data kependudukan SAD di Tanah Garo. “Dulu sudah pernah kita rekam datanya. Ada sekitar 150 jiwa. Mungkin masih ada yang melakukan perekaman. Yang jelas atur saja waktunya, kita siap turun kesana,”pungkasnya. (ial)

TerPopuler