Tradisi Rabana Siam Di Sekernan Nyaris Punah

Tradisi Rabana Siam Di Sekernan Nyaris Punah

Sunday, January 13, 2019, January 13, 2019

NEWSPORTAL,id, MUAROJAMBI - Tradisi masyarakat Desa Sekernan yang saat ini hampir punah, ternyata masih ada dan tetap terjaga oleh masyarakat setempat. Tradisi ini biasanya dilakukan saat malam pesta pernikahan.

Tradisi bermain Rebana Besar atau yang dinamai masyarakat setempat dengan nama Rabana Siam, biasanya terdiri dari tujuh rebana dengan ukuran besar dan satu buah Gong besi yang di tabuh bersamaan mengiringi lantunan lagu-lagu Sholawat.

Seperti yang terlihat saat warga bermain rebana Siam di rumah persyaratan pernikahan anak ketua RT 07 Desa Sekernan, kecamatan Sekernan, kabupaten Muaro Jambi, pada Sabtu malam, (13/01/19).

Salah seorang anggota pemain Rebana Siam ini, Koni (40), mengatakan bahwa tradisi ini sudah sangat jarang sekali di mainkan, dan saat ini bahkan sudah hampir punah.

"Kalau dulu sering masyarakat menggelar acara ini, karena Rebana Besar, Gong dan pemainnya masih ada, kalau sekarang yang bisa main dan yang tau irama sholawat sudah sangat sedikit," tuturnya.

Dilanjutkannya, untuk Rebana besar dan Gong ini pun saat ini sudah tergolong langkah dan sulit di dapat.

"Rebana Besar milik kami ini kami bikin sendiri dari kayu pilihan, dan dari kulit sapi yang di potong dan dikeringkan sendiri, sedangkan untuk Gong nya itu peninggalan dari orang-orang tua kami dulu," sebutnya.

Ia pun berharap dengan adanya perhatian dari pihak terkait tradisi asli Muaro Jambi ini dapat terus bertahan dan tidak tergerus zaman, pungkasnya. (zan)

TerPopuler