Pecah Dari SMB Ribuan Tani Resmikan Program DMPA

Pecah Dari SMB Ribuan Tani Resmikan Program DMPA

Friday, May 3, 2019, May 03, 2019

BATANGHARI, NEWSPORTAL.id - Perwakilan Ribuan Tani yang tergabung dalam organisasi Perkumpulan Petani Sejahtera Maju Batanghari (PPSMB), Kamis (2/5) kemarin, Melangsungkan acara peresmian program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di Desa Sengkati Baru, Kec. Mersam, Kab. Batanghari.

“Selain membangun rumah kompos program ini juga mendorong peternakan kambing dan sapi serta budidaya jagung dan pisang hingga nantinya juga membuat keripik untuk menunjang usaha ekonomi dan kesejahtraan petani”. Ungkap Hendra Satria, Sekjen PPSMB saat dikonfirmasi hari ini (3/5) malam.   

Jumlah petani di PPSMB sendiri menurut Hendra ada sekitar 1.568 keluarga yang berasal dari 12 desa di 6 kecamatan Kabupaten Batanghari, yang mencakup Kecamatan Pemayung, Muaro Bulian, Marosebo Ilir, Muaro Tembesi, Mersam dan Kec. Marosebo Ulu.

“Berdirinya PPSMB ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan anggota yang ingin akses kelola terhadap kawasan hutan. Awalnya, atau setahun lalu, Kami ini tergabung di organisasi Serikat Mandiri Batanghari (SMB) dengan menduduki lahan PT. Wira Karya Sakti (PT.WKS). Namun, karena dalam perjalanan merasa tak sesuai dengan visi misi akhirnya kami membentuk organisasi baru yang dinamai Perkumpulan Petani Sejahtera Mandiri Batanghari atau disingkat PPSMB” Hendra menjelaskan.

Sebab, Masih menurut Hendra, Anggota yang tergabung di PPSMB ingin sejalan arahan pemerintah yaitu ingin menggarap kawasan hutan secara legal makanya sepakat menempuh program perhutanan sosial dengan izin pola hutan kemasyarakat (HKm).

“Program perhutanan sosial ini disediakan pemerintah diluar kawasan izin makanya kami mendorong izin HKm di kawasan HPT Sengkati Kehidupan yang menurut hasil verifikasi masih ada luasan sekitar 2.500 hektar” ujar Hendra, Sebagai alternatif penyelesaian konflik antara warga dengan perusahaan dan supaya petani punya akses kelola secara legal.

“Karena kami tidak lagi menduduki areal WKS dan mendorong solusi melalui program perhutanan sosial maka Perusahaan dengan PPSMB sekarang berhubungan baik sehingga mereka berkomitmen membina PPSMB melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dengan bantuan atau kegiatan seperti yang sudah disampaikan diatas” Tutupnya, Sembari terus mengawal proses izin HKm terbit dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pungkasnya. (Red)

TerPopuler