Sekda Fadhil Buka Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah

Sekda Fadhil Buka Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah

Wednesday, September 11, 2019, September 11, 2019

NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Selasa (10/9/19) malam, Sekretaris Daerah Kabupaten Muarojambi, Moh. Fadhil Arief secara resmi membuka kegiatan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah. Kegiatan seleksi subtantif ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Muarojambi selama empat hari sejak 10-13 September 2019 di Hotel Shang Ratu Kota Jambi.

Acara dihadiri Plt Kepala Dinas PdK Muarojambi Erwanisah, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas PdK Firdaus, Kabid Pendidikan Paud dan Non Formal Yakub Asyari, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jambi Dr Abdul Kamil Maliki, Assesor dan para peserta seleksi.


Dalam sambutannya, Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief meminta para bakal calon kepala sekolah untuk memanfaatkan seleksi substantif ini dengan semaksimal mungkin. 

"Fahami semua yang diujikan oleh assesor agar nanti saat diamanahkan menjadi kepala sekolah bisa mendiagnosa permasalahan yang terjadi di sekolah dengan tepat. Jika diagnosanya tepat tentu solusi atas permasalahan juga akan tepat," ujar Sekda.


Lanjutnya, Sekda juga mengimbau agar dalam menghadapi seleksi ini para peserta bisa santai dan tidak gugup. Para balon kepsek dipinta untuk mengeksflorasi semua kemampuan yang dimiliki. 

"Eksploitasi dan eksplorasi kemampuan leadershif anda dan manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dari para assesor yang akan menguji anda nanti," ungkapnya Sekda.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PdK Muarojambi dalam sambutannya menyebut kegiatan ini diikuti oleh 97 peserta. Para balon kepsek yang mengikuti kegiatan ini akan diuji dan digali Leadershif Potensial Assesment (LPA). Para assesor didatangkan dari luar Provinsi Jambi yakni dari Sumatra Selatan, Sumatra Barat dan Jogyakarta.

"Ada beberapa instrumen yang nanti akan diujikan, di antaranya bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sekolah. Para peserta juga digali potensinya agar kreatif dalam menyelesaikan permasalahan," kata Erwanisah.

Erwanisah berharap melalui seleksi substansi ini bisa bermuara pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Muarojambi. Kegiatan ini diharapkan menjadi cikal bakal kesuksesan pendidikan di Muarojambi. Erwanisah juga berharap para peserta bisa lulus seratus persen dalam seleksi substansi ini.

"Yang pada akhirnya kita sangat berharap Muarojambi bisa memiliki kualitas pendidikan terbaik di Jambi," pungkasnya.(zan)

TerPopuler