Dugaan Pungli di SMPN Lima Muarojambi Akan Segera Kita Dalami -->

Advertisement

Dugaan Pungli di SMPN Lima Muarojambi Akan Segera Kita Dalami

Friday, August 7, 2020

 

NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 yang berada di Desa Sekernan, Kabupaten Muarojambi lagi-lagi diterpa dengan masalah adanya dugaan pugutan liar terhadap siswanya.



SMPN 5 N Muarojambi yang dikepalai oleh Bastoni ini diduga meminta uang kepada semua siswanya sebesar Rp. 20 rbu dengan alasan sebagai uang pendaftaran ulang setiap semesternya.


Dugaan pungli ini, saat ditemukan rekaman video berdurasi 56 detik yang berisikan adanya oknum guru SMPN 5 yang meminta uang kepada siswanya.sebesar Rp. 20 ribu kepada siswanya.


Dalam percakapannya, awal-awalnya oknum guru berhijab ini menanyakan ejaan nama siswa, naik ke kelas berapa, lalu menulusliskan nya disebuah kertas. Setelah itu, oknum guru ini langsung meminta uang sebesar Rp. 20 ribu.


"Siapa namanya, naik kelas berapa, bayar uang Rp. 20 ribu," ucap oknum guru di video tersebut.


Akan tetapi kapan tanggal dan waktu pastinya video ini diambil juga belum diketahui secara pasti.


Sayangnya sampai berita ini di rilis, Kepala Sekolah Bastoni ketika dikonfirmasi via whatsApp belum menanggapi perihal video tersebut.


Sementara itu Wakil Saber Pungli Kabupaten Muarojambi, Anggi Anggala yang juga menjabat sebagai Kasi Intel Kejari Muarojambi ini ketika ditemui Rabu (05/08/20) terkait video tersebut mengatakan, sekecil apapun pungutan itu,  apalagi bersifat wajib, mengikat serta jumlah dan jangkan waktu pungutannya ditentukan oleh pihak sekolah maka itu merupakan pungli.


"Terkait video ini akan kita dalami dahulu, saya akan berkoordinasi dengan tim saber pungli dahulu, kita pelajari dahulu, bila sudah ada indikasi punglinya baru akan kita paggil Kepsek SMPN 5 Muarojambi ini untuk lakukan pemeriksaan," pungkasnya.(zan)