author photo
Menteri Kehutanan, Siti Nurbaya (Dok KLHK)

NEWSPORTAL.ID - Hal demikian diketahui dari dokumen hasil rumusan lokakarya kelompok kerja (pojka) percepatan perhutanan sosial (PS) provinsi jambi pertanggal 8 maret 2018 yang beredar dan diterima newsportal.id malam ini (8/3).

Target seluas 251.303 hektar tersebut merupakan potensi areal PS dalam bentuk Hutan Desa (HD), Hutan Kemasyarakatan (HKM), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Adat (HA) dan Kemitraan kehutanan seluas 139.246 hektar, Kemudian untuk kemitraan konservasi seluas 112.057 hektar.

Menurut dokumen hasil rumusan pokja ini, Dari total area yang disebut dengan istilah ‘Jemput Bola’ ini yang tidak berkonflik akan langsung difasilitasi dengan luas 122.305 hektar.

Sementara areal berkonflik seluas 128.997 hektar terdiri dari konflik diareal konsesi untuk kemitraan seluas 52.787 hektar, rencana HA, HD, HKM, HTR pada hutan produksi seluas 17.913 hektar, dan rencana areal kemitraan konservasi seluas 5.297 hektar.

Pada areal yang berkonflik akan dilakukan penanganan konflik terlebih dahulu oleh direktorat penanganan konflik tenurial dan hutan adat (DIT PKTHA)

Dokumen hasil rumusan ini sudah ditandatangani oleh para pihak terkait dan disetujui serta diketahui oleh Ir Sahala Simanjuntak selaku kepala Balai PSKL Sumatera dan Plt Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Ir Erizal, di Jambi tanggal 8 maret 2018.

Roy Benjamin Situmorang selaku pihak yang turut hadir dalam pembahasan rumusan PS pada tanggal 6-9 Maret ini, membenarkan bahwa langkah selanjutnya adalah memverifikasi secara teknis objek dan subyek sasaran PS diberbagai daerah.

“Besok rencananya tim akan berkunjung kesalah satu objek dan subyek PS yang ada di wilayah Tanjung jabung Timur, namun saya sendiri kemungkinan tak ikut, hanya beberapa perwakilan saja”ujarnya, ketika dikonfirmasi malam ini (8/3/2018).

Sejauh ini, Konfirmasi langsung ke Ir Erizal selaku Plt Kadishut Provinsi Jambi belum ada respon terkait tanggapannya terhadap hasil rumusan pokja PS maupun rencana tim yang akan kelapangan (P03)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
More on

NEWS