Pasca Kelulusan SMA Sederajat, Perekaman KTP Pemula di Muaro Jambi Meningkat

Pasca Kelulusan SMA Sederajat, Perekaman KTP Pemula di Muaro Jambi Meningkat

Thursday, July 19, 2018, July 19, 2018
Pembuat KTP Pemula saat antri untuk melakukan perekaman data di Dinas Dukcapil Muaro Jambi 
NEWSPORTAL.id - Kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat beberapa waktu lalu berdampak banyaknya pembuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemula. Ini disampaikan oleh Afrizal, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Informasi Pelayanan di Dinas Dukcapil Kab. Muaro Jambi.

Dikatakannya, saat ini ada ribuan pembuat KTP Pemula, "Untuk pembuatan KTP pemula sudah ada peningkatan setelah kelulusan SMA/Sederajat beberapa waktu lalu. Mungkin karena merekakan butuh KTP untuk kerja ataupun sebagai syarat dalam melanjutkan pendidikan," jelasnya kepada NEWSPORTAL.id, Kamis (19/7/2018)

Dia menjelaskan bahwa, ada sekitar 2 hingga 3 ribu pembuat KTP pemula yang telah melakukan perekaman. Menurut dia, jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat saat ini adalah masa politik, dan masyarakat dituntut untuk memiliki KTP.

"Jumlah ini masih banyak. Untuk itu, kita himbau kepada masyarakat terutama yang pemula untuk segera melakukan perekaman untuk pembuatan KTP," himbaunya.

Untuk diketahui berdasarkan data pertanggal 28 Juni 2018, jumlah penduduk di Kabupaten Muarojambi sebanyak 360.981 orang dengan data wajib KTP sebanyak 262.999 orang.

"Secara presentase yang sudah melakukan perekaman sebanyak 252.630, artinya secara presentase sudah 96,06 persen, sisanya 3,94 persen belum melakukan perekaman," pungkasnya. (P01/zan)

TerPopuler