Dandim 0420/Sarko Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada PMII -->

Advertisement

Dandim 0420/Sarko Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada PMII

Iwan
Saturday, September 19, 2020


 

NEWSPORTAL.ID, MERANGIN, - Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han. memberikan materi pada Seminar Wawasan Kebangsaan di acara pembukaan MAPABA (Massa Penerimaan Anggota Baru) PMII Komisariat STAI SMQ Bangko. 


Seminar berlangsung di Ruang Pola I Kantor Bupati Merangin, Sabtu (19/09/2020) yang mengambil tema “Menyiapkan Generasi Setia Organisasi Yang Berjiwa Nasionalis Dan Agamis”.


Dalam kesempatan tersebut, Dandim memberikan Materi dan pengarahan tentang pentingnya Wasbang bagi mahasiswa. Sehingga kelak memahami sejarah bangsa Indonesia dan diharapkan berorientasi pada NKRI.


Lebih lanjut Dandim Menyampaikan kepada adik-adik mahasiswa yang tergabung di PMII diantaranya tentang arti kebangsaan adalah kesatuan tekat sebagai bangsa, didasari pada peristiwa Sumpah Pemuda, rasa untuk mencapai cita-cita bangsa yang adil dan makmur, rasa senasib dan sepenanggungan serta satu ikatan yang tidak dapat dipisahkan.


“Ada beberapa poin yang dapat dipetik dalam wawasan kebangsaan. Pertama, rasa kebangsaan merupakan rasa atau kesadaran yang tertanam secara alami dalam diri seseorang, dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Kedua, paham kebangsaan adalah suatu pemahaman akan arti rasa cinta negara dan kesetiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terakhir, semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. 


Semangat Kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air,” tegas Dandim Letkol Tomi.


Selanjutnya Letkol Inf Tomi Radya memaparkan perjalanan Bangsa Indonesia hingga saat ini dan tantangan kedepan, hal ini disampaikan kepada adik-adik yang diangap sebagai kader-kader penerus Bangsa Indonesia, karena kedepan kepemimpinan Bangsa Indonesia ada di pundak mereka.


“Pemahaman- pemahaman tersebut yang harus selalu dipahami oleh anak bangsa, oleh generasi penerus bangsa, sebagai bekal kelak pada kiprahnya sebagai pemimpin-pemimpin masa depan Bangsa Indonesia,” pungkas Dandim.